Meningkatkan Kemampuan Apresiasi Cerpen Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Murid Sekolah Dasar Pangkep

Authors

  • Mirnawati Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Apresiasi Cerpen, Cooperative, Integrated, Reading, Composition

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan pada kelas V SD N 13 Kassi Kabupaten Pangkep, melalui observasi yang dilakukan peneliti tentang pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V, yaitu masih rendahnya nilai rata-rata individu 55,35 yang masih berada dibawah nilai KKM yang telah di tetapkan di sekolah tersebut yakni 75 dari skor ideal. Penelitiaan ini lakukan untuk mengetahui penyebab masih rendahnya nilai rata-rata individu siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang direncanakan dalam 2 siklus dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasidan evaluasi, dan refleksi. rata-rata skor perolehan murid dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sekitar 21,21% dan ketuntasan kemampuan mengapresiasi cerpen murid dari siklus I ke siklus II peningkatan persentasenya sekitar 44,83% hal ini berarti indikator kerja yang ada terpenuhi, yakni terjadi peningkatan hasil belajar apresiasi cerpen murid kelas V SD N 13 Kassi Kabupaten Pangkep dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan dari penelitian adalah skor rata-rata yang diperoleh murid setelah mengikuti tes akhir dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, yaitu dari 62,93 meningkat menjadi 84,14 dari skor ideal 100.

References

Akyol, H., Cakiroglu, A., & Kurunyer, H. G. (2014). A Study on the Development of Reading Skills of the Students Having Difficulty in Reading: Enrichment Reading Program1. International Electronic Journal of Elementary Education, 6(2), 199–212.

Aminudin. (2004). Pengantar Apresiasi Sastra. Sinar Baru Algensio.

Astuti, Y. (2010). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition pada murid kelas V SD Negeri Beji. Universitas Negeri Sebelas Maret.

Bastug, M., & Demirtas, G. (2016). Child-Centered Reading Intervention: See, Talk, Dictate, Read, Write! International Electronic Journal of Elementary Education, 8(4), 601–616.

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230

Durukan, E. (2011). Effects of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Technique on Reading-Writing Skills. Academic Journals, 6(1), 102–109. https://doi.org/10.5897/ERR.9000129

Halimah, A. (2014). Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis di SD/MI. AULADUNA, 1(1), 27–35.

Kemmis, S., Taggart, R. M., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer.

Mubarok, H., & Sofiana, N. (2017). Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) and Reading Motivation: Examining The Effect on Students’ Reading Ability. Lingua Cultura, 11(2), 121. https://doi.org/10.21512/lc.v11i2.1824

Mustafa, F., & Samad, N. M. A. (2015). Cooperative Integrated Reading and Composition Technique for Improving Content and Organization in Writing. Studies in English Language and Education, 2(1), 30. https://doi.org/10.24815/siele.v2i1.2236

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Perdana Media.

Slavin, R., E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset dan praktik. Nusa Media.

Sugiyanto. (2008). Model-model Pembelajaran. Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.

Sukarno, A. (2006). Pelayanan dan Model Pembelajaran Anak Berkesulitan Belajar. UNS Press.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learnin: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Mirnawati. (2021). Meningkatkan Kemampuan Apresiasi Cerpen Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Murid Sekolah Dasar Pangkep. Tadulako Educational Research Journal, 1(1), 1–10. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/terj/article/view/871

Issue

Section

Articles