PENGEMBANGAN ASESMEN BERBASIS KURIKULUM 2013 UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS GURU MATA PELAJARAN IPA SMP NEGERI KABUPATEN DONGGALA

Authors

  • Ika Istadewi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
  • Andi Tanra Tellu Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
  • Mohammad Jamhari Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
  • Amiruddin Kasim Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako

Keywords:

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan asesmen tes berbasis kurikulum 2013 untuk mengukur kemampuan berpikir kritis guru mata pelajaran IPA SMP Negeri Kabupaten Donggala. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan menggunakan metode Research and Development (R & D) yang mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari beberapa fase yaitu: (1) Fase Investigasi awal, (2) Fase desain, (3) Realisasi, (4) Fase tes, evaluasi dan revisi. Sebagai sampel dalam penelitian adalah guru mata pelajaran IPA SMP Negeri Kabupaten Donggala berjumlah 30 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian dan pengembangan meliputi: (1) Studi pendahuluan, (2) Pembuatan tes asesmen berbasis kurikulum 2013 dan (3) Pengujian dan perbaikan tes asesmen. Tes yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan guru mata pelajaran IPA dalam mengembangan kemampuan berpikir kritis melalui tes asesmen berbasis kurikulum 2013. Teknik analisis data yang digunakan adalah tehnik deskriptif kualitatif dengan uji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan tes asesmen berbasis kurikulum 2013 dapat mengukur kemampuan berpikir kritis guru mata pelajaran IPA SMP Negeri Kabupaten Donggala. Hal ini ditunjukkan dari hasil evaluasi instrumen tes oleh ahli materi, desain dan praktisi menunjukkan kategori sangat baik dengan rata-rata persentase penilaian antara 85,47% sampai dengan 90,71%. Hasil uji validitas tes berpikir kritis dari sepuluh indikator yang dijadikan butir soal dalam penelitian sudah Valid dengan menggunakan taraf signifikan 5%, hasil uji reabilitas diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,95 yang lebih besar dari rata-rata rtabelnya sehingga tingkat reabilitasnya Sangat Tinggi, untuk tingkat kesukaran soal Tergolong kategori Sedang dan kategori Sukar dan uji daya pembeda soal berdasarkan analisis tes tergolong Sangat Baik, Baik dan Cukup.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan asesmen tes berbasis kurikulum 2013 untuk mengukur kemampuan berpikir kritis guru mata pelajaran IPA SMP Negeri Kabupaten Donggala. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan menggunakan metode Research and Development (R & D) yang mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari beberapa fase yaitu: (1) Fase Investigasi awal, (2) Fase desain, (3) Realisasi, (4) Fase tes, evaluasi dan revisi. Sebagai sampel dalam penelitian adalah guru mata pelajaran IPA SMP Negeri Kabupaten Donggala berjumlah 30 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian dan pengembangan meliputi: (1) Studi pendahuluan, (2) Pembuatan tes asesmen berbasis kurikulum 2013 dan (3) Pengujian dan perbaikan tes asesmen. Tes yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan guru mata pelajaran IPA dalam mengembangan kemampuan berpikir kritis melalui tes asesmen berbasis kurikulum 2013. Teknik analisis data yang digunakan adalah tehnik deskriptif kualitatif dengan uji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan tes asesmen berbasis kurikulum 2013 dapat mengukur kemampuan berpikir kritis guru mata pelajaran IPA SMP Negeri Kabupaten Donggala. 

Downloads

Published

2023-04-18