PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA MAN 2 MODEL PALU

Authors

  • Nurhaeda Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
  • Andi Tanra Tellu Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
  • Achmad Ramadhan Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako

Keywords:

Biologi, XI IPA, MAN 2 Model Palu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan gaya kognitif, baik secara parsial maupun interaksi keduanya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA MAN 2 Model Palu. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment. Populasi berjumlah 108 siswa, terbagi ke dalam empat kelas, sedangkan sampel dipilih dengan teknik essaigman random sampling, sehingga terpilih dua kelas dengan jumlah siswa sebanyak 48 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah skor hasil posttest yang dianalisis dengan statistik inferensial. Analisis data menggunakan Anova dua arah. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran kooperatif tipe TPS  memberikan pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Model ini lebih unggul dibandingkan dengan model pembelajaran langsung, (2) Gaya kognitif memberikan pengaruh secara signifikan terhadap  hasil belajar siswa, Siswa yang memiliki gaya kognitif field independent lebih tinggi hasil belajarnya daripada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent (3) Interaksi antara model pembelajaran dengan gaya kognitif tidak berpengaruh secara signifikan pada hasil belajar siswa.   Hal ini menunjukkan bahwa antara model pembelajaran dengan gaya kognitif bekerja secara sendiri-sendiri.

Downloads

Published

2023-04-18