PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI MAN 2 PALU

Authors

  • Ratman Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
  • Siti Nuryanti Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
  • Nurida Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako

Keywords:

Pengaruh model TGT, hasil belajar, motivasi, system koloid

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran teams games turnament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem koloid di kelas XI MAN 2 Kota Palu. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan rancangan posttes-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Kota Palu yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian adalah kelas XI MIA1 sebanyak 21 orang sebagai kelas eksperimen, pembelajaran menggunakan model TGT dan kelas XI MIA2 sebanyak 21 orang sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran menggunakan model konvensional. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara randomized sampling.  Data motivasi belajar siswa dianalisis berdasarkan indikator perhatian, ketertarikan, kepuasan, keaktivan dan keyakinan. Data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji nonparametrik yaitu dengan menggunakan analisis Mann-Whitney U-Test. Data motivasi belajar siswa diperoleh pada kelas eksperimen skor minimal 87 dan %rerata 75,6 pada sikap setuju dan kategori positif sedangkan pada kelas kontrol skor minimal 73 dan %rerata 73,3. Hasil analisis pengujian untuk variabel hasil belajar siswa diperoleh Zhitung = -2,201 dan Ztabel = -1,96, P.Sig = 0,05 dan α = 0,05. Berdasarkan analisis hasil yang diperoleh  Zhitung  < Ztabel, P.Sig < α, terdapat pengaruh model TGT terhadap hasil belajar.  Data motivasi belajar dan analisis hasil belajar menunjukkan bahwa penerapan model TGT pada pembelajaran sistem koloid berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI MAN 2 Kota Palu.

Downloads

Published

2023-04-18