Perbedaan Hasil Belajar Kelas Yang Menggunakan Metode Outdoor Study Dan Metode Ekspository Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala

Authors

  • Nurvita Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
  • Desi Indriani Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako

Keywords:

Metode pembelajaran outdoor study, ekspositori, hasil belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa karena pembelajaran di kelas masih bersifat konvensional dan guru belum dapat menciptakan pembelajaran yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar Geografi dengan menggunakan Metode Outdoor Study. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen Kuasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IIS² yang berjumlah 19 yaitu jumlah keseluruhan dari kelas XI IIS². Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara penilaian lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar (Tes Akhir) pada akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antar kelas Eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar yang diperoleh adalah nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 12 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 11,31. Berdasarkan pencapaain skor rata- rata hasil belajar Geografi maka ada perbedaan hasil belajar antara kedua kelas dalam penggunaan metode Outdoor Study.

Downloads

Published

2020-06-18

How to Cite

Nurvita, & Desi Indriani. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Kelas Yang Menggunakan Metode Outdoor Study Dan Metode Ekspository Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(1), 66–80. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jurpis/article/view/504