Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran Geografi Kelas XI Di SMA Negeri 5 Model Palu

Authors

  • Samuel Sanda Patampang Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako
  • Natalia Pabisa Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako

Keywords:

Tipe hink pair share, hasil belajar, pembelajaran geografi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi, serta mengetahui kemampuan mengelola pembelajaran dengan Melalui Kooperatif Tipe Think Pair Share pada siswa kelas X¹ SMA Negeri 5 Model Palu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas X¹ SMA Negeri 5 Model Palu. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kerja sama antara guru dan peneliti beserta siswa. Hasil  aktivitas  guru   pada  siklus I tindakan 1 sebesar 58,33% dan pada siklus I tindakan 2 menjadi 66%. Kemudian pada siklus II tindakan 1 sebesar 83,33% dan pada siklus II tindakan 2 menjadi 95,83%. Bila dilihat dari hasil observasi guru pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hasil evaluasi pada siklus I, diperoleh daya serap klasikal 61,42%,  dan ketuntasan belajar 53,28% dan Hasil belajar pada siklus II, mengalami peningkatan dengan daya serap klasikal 71,25%, bila dibandingkan daya serap klasikal siklus I mengalami peningkatan mencapai 10% dan pada ketuntasan klasikal 89,28% pada siklus II.

Downloads

Published

2020-06-17

How to Cite

Samuel Sanda Patampang, & Natalia Pabisa. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran Geografi Kelas XI Di SMA Negeri 5 Model Palu. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(1), 42–65. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jurpis/article/view/499