PENGGUNAAN BAHASA PERSUASIF PENJUALAN BARANG DALAM IKLAN MEDIA INSTAGRAM

Authors

  • zetyadi ndigi universitas tadulako
  • Arum Pujiningtyas

Keywords:

BAHASA PERSUASIF, IKLAN, MEDIA INSTAGRAM

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berjudul penggunaan bahasa persuasif penjualan barang dalam iklan media instagram . Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan bahasa persuasif penjualan barang dalam iklan media instagram. Pengajuan penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi penulis, di mana dalam kehidupan sehari-hari masyarakat sudah sangat dimudahkan dalam hal jual-beli (berdagang) menggunakan beberapa media elektronik maupun media cetak sehingga penulis terfokus pada penggunaan bahasa persuasif dalam penelitian ini karena bahasa persuasif merupakan jenis bahasa yang digunakan untuk mempromosikan sebuah barang. Dengan mendeskripsikan penggunaan bahasa persuasif penjualan barang dalam iklan media instagram, masyarakat akan lebih mengetahui penggunaan bahasa seperti apa yang dibutuhkan dalam berdagang dan media-media pendukung dalam penjualan tersebut salah satunya media instagram yang merupakan objek penulis dalam penelitian ini. Metode yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif, karena tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa persuasif penjualan barang dalam iklan media instagram. Melalui teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi atau pengamatan dalam penelitian ini, diperoleh informasi tentang penggunaan bahasa persuasif penjualan barang dalam iklan media instagram yakni, 1. Berdasarkan tujuan, yang didalamnya meliputi iklan informatif, iklan persuasi, dan iklan pengingat. 2. Berdasarkan sifat, yaitu iklan komersial yang meliputi iklan konsumen, iklan antarbisnis, iklan perdagangan, iklan pengecer dan iklan respon langsung.

Kata kunci : bahasa persuasif, iklan, media instagram

Downloads

Published

2022-11-16

Issue

Section

Articles