GAYA BAHASA SLOGAN IKLAN PRODUK KECANTIKAN DI STASIUN TELEVISI TRANS TV

Authors

  • dewi sartika S. Abdullah Datuamas Universitas Tdulako
  • Ali M.Hum Universitas Tadulako

Keywords:

gaya bahasa, iklan, slogan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana gaya bahasa yang dipakai dalam slogan iklan produkkecantikan di stasiun televisi. Sumber data yang digunakan ada 26 iklan kecantikan di stasiun televisi. Data penelitian ini berupa tuturan dan teks pada iklan kecantikan yang ditayangkan di stasiun televisi TRANS-TV, selama bulan Oktober 2020 hingga Januari 2021. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik rekam, simak dan catat, sedangkan analisisnya dilakukan melalui tiga tahap yaitu pengumpulan data, identifikasi, dan pemaparan. Hasil penelitian dalam Slogan iklan produk kecantikan di stasiun televisi trans tv selama waktu yang telah ditetapkan peneliti  terdapat 8 macam gaya bahasa pada 26 iklan yang dianalisis yaitu gaya bahasa repetisi atau perulangan, gaya bahasa hiperbola, gaya bahasa asonansi, gaya bahasa personifikasi, gaya bahasa erotesis, gaya bahasa asindenton, gaya bahasa koreksio, dan gaya bahasa polisindenton Secara urut gaya bahasa yang paling banyak dipakai dalam 26 iklan kecantikan yang dianalisis adalah: pertama gaya bahasa hiperbola (12 iklan), kedua gaya bahasa erotesis (8 iklan), ketiga gaya bahasa repetisi (6 iklan), keempat gaya bahasa asonansi dan gaya bahasa polisindenton (5 iklan), kelima gaya bahasa personifikasi dan gaya bahasa asindenton. Masing-masing gaya bahasa ini memiliki hasil yang sama yaitu 4 iklan. Selanjutnya keenam, gaya bahasa koreksio (2 iklan).

Downloads

Published

2021-04-01

Issue

Section

Articles