PENGGUNAAN KARTU POSITIF DAN NEGATIF PADA PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT BAGI GURU SD

Penulis

  • Gandung Sugita Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Anggraini Anggraini Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Sutji Rochaminah Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Tadulako, Indonesia

Kata Kunci:

Kartu positif dan negatif, pembelajaran bilangan bulat

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berbentuk simulasi penggunaan kartu positif dan negatif dalam pembelajaran bilangan bulat. Penggunaan kartu positif dan negatif untuk memberikan alternatif penggunaan alat peraga pada pembelajaran Bilangan Bulat, yang selama ini dirasakan oleh guru cukup sulit untuk mengajarkan pada siswa. Oleh karena itu, tim pengabdian melakukan kegiatan ini dengan tujuan untuk membantu guru-guru SD di KKG Gugus 3 kecamatan Sirenja kabupaten Donggala dalam pembelajaran bilang bulat, agar menjadi lebih kongkret dan menyenangkan.  Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa: (1) ceramah/presentasi, (2) tanya jawab (3) kerja kelompok, dan (4) simulasi terbatas. Setelah kegiatan, Guru akan mengisi angket untuk menilai ketercapaian kegiatan yang dilakukan tim pengabdian Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Tadulako. Hasil pelatihan penggunaan kartu positif dan negatif dalam pembelajaran bilangan bulat berdasarkan hasil angket disimpulkan bahwa 84 % peserta menyatakan bahwa kegiatan ini memberikan pemahaman yang baik tentang langkah-langkah penggunaan Kartu Positif dan Negatif pada Pembelajaran Bilangan Bulat.

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-03

Cara Mengutip

Sugita, G., Anggraini, A., & Rochaminah, S. (2022). PENGGUNAAN KARTU POSITIF DAN NEGATIF PADA PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT BAGI GURU SD. Science Dissemination: Jurnal Pengabdian Pendidikan MIPA, 1(1), 5–8. Diambil dari https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jppmt/article/view/2967

Terbitan

Bagian

Articles

Kategori