PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII C MTsN 1 KOTAPALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA KELILING DAN LUAS DAERAH PERSEGI PANJANG

Authors

  • Hardiyanti Universitas Tadulako
  • Evie Awuy Universitas Tadulako
  • Anggraini Universitas Tadulako

Abstract

Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang  penerapan model pembelajaran berbasis masalah(PBM)yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mnyelesaikan soal cerita keliling dan luas daerah persegi panjang di kelas VII C MTsN 1 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model PBM yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan mengikuti langkah-langkah, yaitu  1) orientasi siswa pada masalah menggunakan power point, 2) mengorganisasikan siswa untuk belajar, 3) membantu penyelidikan individual maupun kelompok. 4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya,  dan 5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah,

                      Kata Kunci:Model Pembelajaran Berbasis Masalah(PBM); hasil belajar; soal cerita keliling dan luas daerah persegi panjang

Abstract: The purpose of this study is to obtain a description of the application of problem-based learning model (PBM) that can improve student learning outcomes in completing the story of the circumference and the area of ​​rectangle in class VII C MTsN 1 Palu. The type of research used is classroom action research. The design of this study refers to the research design of Kemmis and Mc. Taggart. This study was conducted in two cycles. The results showed that through the implementation of PBM model that can improve student learning outcomes, by following the steps, namely 1) student orientation on the problem using power point, 2) organizing student to learn, 3) assisting individual and group investigations,4) develop and present the work, and (5) analyze and evaluate problem-solving process.

                      Keywords:  Problem Based Learning Model (PBM); learning outcomes; about the roving story and the area of ​​the rectangular area.

Downloads

Published

2018-03-25

How to Cite

Hardiyanti, Evie Awuy, & Anggraini. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII C MTsN 1 KOTAPALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA KELILING DAN LUAS DAERAH PERSEGI PANJANG. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(3), 343–354. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/382

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>