PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PERKALIAN PECAHAN DI KELAS VII SMPN 20 PALU

Authors

  • Nurfebriani

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) menggunakan alat peraga yang dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi perkalian pecahan di kelas VII SMP Negeri 20 Palu. Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD menggunakan alat peraga dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi perkalian pecahan dengan mengikuti fase-fase, yaitu (1) menyampaikan tujuan pembelajaran, (2) menyajikan materi menggunakan alat peraga, (3) mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, (4) membimbing siswa bekerja dan belajar, (5) evaluasi dan (6) penghargaan.

Kata Kunci: Kooperatif, STAD, Alat Peraga, Pemahaman, Perkalian, Pecahan

Abstract: The objective of this research is to obtain the description of applying the Student Teams Achievement Division (STAD) cooperative learning model by using props that can improve students understanding class VII SMPN 20 Palu on fractions multiplication. The research design related to the Kemmis and Mc. Taggart’s research that are (1) planning, (2) action, (3) observation, and(4) reflection. The The types of data that used are qualitative and quantitative with the tehnique of data collection are observation, interview, field notes and test. This research was conducted into two cycles. The results of this research showed that the implementation of STAD learning model by using props can improve students understanding on  fractions multiplication by following these steps; (1) presenting the learning objective, (2)presenting the materials by using props, (3) organize students into study groups, (4) guide student at work and learn , (5) evaluation and (6) reward.

         Keywords: Cooperative, STAD, Props, Understanding, Multiplication, Fraction.

Downloads

Published

2015-06-20

How to Cite

Nurfebriani. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PERKALIAN PECAHAN DI KELAS VII SMPN 20 PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(4), 374–386. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/258

Issue

Section

Articles