PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMPN 3 PALU PADA MATERI BELAH KETUPAT DAN LAYANG-LAYANG

Authors

  • Ilham

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran  think pair share untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VII SMPN 3 Palu pada materi belah ketupat dan layang-layang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus I dengan materi keliling dan luas belah ketupat dan siklus II dengan materi keliling dan luas layang-layang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi belah ketupat dan layang-layang melalui tahapan: (1) thinking, (2) pairing, (3) sharing. Data yang di kumpulkan dalam penelitian ini melalui lembar observasi, catatan lapangan, hasil tes siswa dan wawancara. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk paparan naratif.

 

Kata kunci:  Model Pembelajaran Think Pair Share, Pemahaman Siswa, Belah Ketupat, Layang-layang.

 

Abstract: The objective of this research was to the purpose of this study is to apply the learning model think pair share in improving students' understanding of SMP VII grade 3 Palu on the material rhombus and a kite. This research is a classroom action research. The design of this study refers to the study design Kemmis and Mc. Taggart: (1) planning, (2) action, (3) observation and (4) reflection. This research was conducting in two cycles, the first cycle with the material circumference and area of ​​rhombus and second cycle with material circumference and area of the kite. The results showed that the application of learning think pair share model can increase understanding of the material rhombus and kite through the stages: (1) thinking, (2) pairing, (3) sharing. The data collecting in this study through observation sheets, field notes, student test results and interviews. The data obtained are presented in the form of narrative exposure.

 

Keywords: Learning Model Think Pair Shar, Understanding Students, Rhombus, Kites.

Downloads

Published

2015-03-18 — Updated on 2015-03-18

How to Cite

Ilham. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMPN 3 PALU PADA MATERI BELAH KETUPAT DAN LAYANG-LAYANG. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(3), 305–316. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/252

Issue

Section

Articles