PENERAPAN METODE LATIHAN BERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII MTs NEGERI PALU BARAT

Authors

  • Dian Hayati Tukidjo

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi penerapan metode latihan berstruktur yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi bentuk aljabar di kelas VIII MTs Negeri Palu Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada model yang dikembangkan Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode latihan berstruktur yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut (1) guru membuka kegiatan pembelajaran, menyampaikan tujuan pembelajaran, motivasi, apersepsi, dan membagi siswa dalam beberapa kelompok, (2) guru menyampaikan materi pembelajaran, yaitu materi operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar pada siklus I dan materi operasi perkalian, perpangkatan, dan pembagian bentuk aljabar pada siklus II, (3) guru memberikan LKS berstruktur kepada siswa untuk dikerjakan secara kelompok, kemudian siswa mempresentasikannya di depan kelas (4) guru memberikan soal untuk latihan lanjutan kepada siswa yang dikerjakan secara individu. Selanjutnya guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari.

 

Kata Kunci: Latihan Berstruktur; Hasil Belajar Siswa; Operasi Bentuk Aljabar

 

Abstract: This research aim to obtain a description about applying structural exercise method can increase student learning outcomes on algebra operation in class VIII MTs Negeri Palu Barat. This was a classroom  action  research (CAR). The design of this research is based on Kemmis and Mc. Taggart model, they are planning, implementation of the action and observation, and also  reflection. This research was conducted in 2 cycles each cycle consisting of 2 meetings. The research results showed that applying of structural exercise method can increase student learning outcomes with following the steps are (1) teacher open the learning activities and presents the objectives, motivation, apperception, and form groups, (2) teacher extend about the materials. The operation of addition and deduction in first cycle and the operation of multiplication, power, and division in second cycle, (3) teacher give structural woorksheets to be done in groups then they present their answers in front of class (4) teacher give a matter for individual. Then, teacher guide students to make inferences material of algebra form operation.

 

Keywords:  Structural Exercise; Student Learning Outcomes; Algebra Form Operation

Downloads

Published

2014-09-22

How to Cite

Dian Hayati Tukidjo. (2014). PENERAPAN METODE LATIHAN BERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII MTs NEGERI PALU BARAT. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 34–44. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/223

Issue

Section

Articles