PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI HIMPUNAN DI MTs. NURUL HASANAH PENGAWU

Authors

  • Widiastuti

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapanmodel pembelajaran pencapaian konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIpada materi himpunan di MTs. Nurul Hasanah Pengawu. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kurt Lewin yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran pencapaian konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada materi himpunan  melalui 3 fase, yaitu: (1) presentasi data dan identifikasi data, (2) pengujian pencapaian konsep dan (3) analisis strategi-strategi berpikir.

Kata Kunci: Penerapan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep; Hasil Belajar, Himpunan Bagian dan Dua Himpunan Beririsan.

Abstract: The objective of this research is to obtain a description in the implementation of design of learning to get concept which can increase the study value of students’ grade VII on the set material at MTs. Nurul Hasanah Pengawu. This reseacrh used Classroom Action Research, that based on Kurt lewin design.is planning, action, observation and reflection. The result of this research  showed  the used  of learning to get concept which can increase the one come  of student grade VII on the set material through 3  fase, that is: (1)  presentation and identification of data,(2) examined of concept and (3) strategies analyze.

Keyword: Implementation of design of learning to get concept; Result of Study; subset and intesection of two set.

Downloads

Published

2014-09-20

How to Cite

Widiastuti. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI HIMPUNAN DI MTs. NURUL HASANAH PENGAWU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 23–33. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/222

Issue

Section

Articles