PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERISOAL CERITA TENTANG HIMPUNAN DI KELAS VII MTsN PALU BARAT

Authors

  • Ardhini Lestari A.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi soal cerita tentang himpunan di Kelas VII MTsN Palu Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan RMEyang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi soal cerita tentang himpunan mengikuti langkah-langkah, yaitu: (1) memahami masalah kontekstual, (2) menyelesaikan masalah, (3) membandingkan dan mendiskusikan jawaban, (4) menyimpulkan. Pada langkah memahami masalah kontekstual, guru menyajikan masalah kontekstual dan meminta siswa untuk memahami masalah yang diberikan. Pada langkah menyelesaikan masalah, siswa bersama kelompoknya diminta untuk menyelesaikan masalah tersebut. Pada langkah membandingkan dan mendiskusikan jawaban, beberapa kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan kelompok lain membandingkan dan mengomentari jika terdapat perbedaan jawaban dengan kelompoknya. Pada langkah menyimpulkan, guru mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan dari apayang telah dipelajari.

 

Kata kunci: Realistic Mathematics Education (RME), Hasil Belajar, Soal Cerita Himpunan.

 

Abstract: This research aim to obtain a description about applying Realistic Mathematic Education (RME) approachto increase learning outcomes on the set word problemsmatter inclassVIIFMTsNPalu Barat. This was a classroom action research  which refers to the design of the research Kemmis and Mc. Taggart, that is planning, action and observation, and reflection.This research is executed in two cycles.The research results showed that applying of RME approach to increase learning outcomes onthe set word problemsmatterfollowing these steps, namel: (1)understanding thecontextualproblem, (2) solving problem, (3) comparinganddiscussing the answer, (4)concluding.In stepunderstandingof contextualissues, the teacherpresents thecontextualissuesandasks the studentstounderstand thegiven problem. In stepsolve the problem, along withhis groupof studentswere asked tosolve the problem. Ina stepto compare and discussanswers, severalgroupspresented the results ofthe workinggroupandother groupsto compareand commentifthere are differences inthe answerswith the group.In theconcludingstep, the teacher directsstudents tomake inferencesfromapayangbeen studied.

 

Keywords: Realistic Mathematic Education;LearningResults; Words Problems of Set

Downloads

Published

2014-09-22

How to Cite

Ardhini Lestari A. (2014). PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERISOAL CERITA TENTANG HIMPUNAN DI KELAS VII MTsN PALU BARAT. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 1–11. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/220

Issue

Section

Articles