Implementasi LKPD Berbasis STEM Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Kelas XI Materi Fluida Dinamis

Authors

  • wahdiyatunmunawaroh Universitas Jember

Keywords:

Berpikir Komputasi, Fluida Dinamis, Lembar Kerja-STEM

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir komputasi siswa yang masih kurang pada pendidikan abad 21. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan berpikir komputasi siswa dalam memahami materi fluida dinamis melalui implementasi LKPD berbasis STEM. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan desain penelitian berupa studi kasus tunggal. Data dikumpulkan melalui hasis wawancara, observasi dan pengerjaan LKPD berbasis STEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir komputasi siswa sudah baik yaitu pada indikator dekomposisi dan abstraksi. Hal ini dikarenakan siswa sudah mampu mendefinisikan permasalahan yang ada dengan baik dan dapat membuat rancangan solusi botol air berlubang.

References

Abdussamad.Z.2021.Metode Penelitian Kualitatif.Makassar:CV.Syakir Media Press

Aditiyawarman.D.2022.Upaya Peningkatan Kemampuan Menganalisa dan Merancang Sistem Informasi melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek.Jurnal Pendidikan dan Konseling.4(4):3685-3694.DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6048

Aji S.D, M.N Hudha, dan A.Y Rismawati.2017. Pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika.Science Education Journal.1(1):36-51. doi: 10.21070/sej.v1i1.830

Amalia.R.2016. Kemampuan Berpikir Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri.Jurnal Pendidikan Matemtika.4(2):118-125. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v4i2.2568

Angraini L.M, I.W Sudiarta, N.Qomariyah, S.Alaa, dan Y.Handayana.2019. Peningkatan kompetensi komputasi fisika dan kimia untuk mahasiswa program studi fisika Fmipa Universitas Mataram. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan.2(2):37-41

Arianti.2017.Urgensi lingkungan belajar yang kondusif dalam mendorong siswa belajar aktif.Didaktika Jurnal Kependidikan.11(1):41-62. DOI: 10.30863/didaktika.v11i1.161

Candriyani R.A dan Richardo.R.2020.Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika.Literasi.11(1):50-56

Endah S.N, E.A Sarwoko, N.Bahtiar, A.Wibowo, dan K.Kurniawan.2020. Pembinaan Pola Pikir Komputasi dan Informatika pada Siswa Sekolah Dasar.Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.11(1):1-6.DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.2317

Estriyanto.Y.2020. Menanamkan konsep pembelajaran berbasis STEAM (Science, Techology, Engineering, Art, And Mathemathics) pada guru-guru sekolah dasar di Pacitan.Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan.13(2):68-74. doi: https://dx.doi.org/10.20961/jiptek.v13i2.45124

Fitriani.W, Suwarjo, dan M.N Wangid.2021. Berpikir kritis dan komputasi: analisis kebutuhan media pembelajaran di sekolah dasar.Jurnal Pendidikan Sains Indonesia.9(2):234-242. doi: 10.24815/jpsi.v9i2.19040

Hafidhoh.N, E.R Subhiyakto, dan Y.P Astuti.2020. Pengenalan dan Pendampingan Berpikir Komputasi bagi Siswa SD Islam Al Azhar 25 Semarang.Jurnal Pengabdian Masyarakat.3(2):79-86.DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v3i2.107

Handayani.R, Hajidin, M.Duskri, dan E.Maidiyah.2018. Development of learning tools using Treffinger learning model to improve creative thinking.Journal of Physics.1088:1-7

Handayani R.D, B.Prastowo, T.Prihandono, L.Nuraini, B.Supriadi, Maryani, S.Bektiarso, A.D Lesmono, dan I.Khandayani Mahardika.2022. Computational thinking: students’abstraction on the concepts of kinematics.Jurnal Penelitian Pendidikan IPA.8(2):114-118. doi:10.29303/jppipa.v8i1.1188

Hasanah.Z, A.U Pada, Safrida, W.Artika, dan Mudatsir.2021. Implementasi Model Problem Based Learning Dipadu LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Pencemaran Lingkungan.Jurnal Pendidikan Sains Indonesia.9(1):65-75.DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18134

Hudha M.N, S.D Aji, A.Permatasari, dan R.D Purnama.2017. Authenthic Problem Based Learning (aPBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa.Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA.8(1):64-70. doi: http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v8i1.18425

Jannah S.W, S.Saptono, dan Lisdiana.2018. Pengembangan Bahan Ajar Sistem Reproduksi Manusia Berwawasan Religi Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Ma.Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.Juni 2018

Jaya.I.2020.Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.Yogyakarta:Anak Hebat Indonesia

Khairunnisa.Y, F.Rizkiana, dan H.Apriani.2019. Pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) tematik pada materi fotosintesis terhadap motivasi, kemandirian, dan hasil belajar.QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains.10(2):121-129. doi: http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v10i2.6423

Lestari A.C dan Annizar A.M.2020. Proses berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah PISA ditinjau dari kemampuan berpikir komputasi. Jurnal Kiprah.8(1):46-55

Lesmono A.D, S.Wahyuni, dan R.D Alfiana.2021.Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berupa Komik Pada Materi Cahaya di SMP.Jurnal Pembelajaran Fisika.1(1):100-105

Mahjatia.N, E.Susilowati, dan S.Miriam.2020. Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Inkuiri Terbimbing.Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika.4(3):139-150

Mu’minah I.H dan Suryaningsih.Y.2020. Implementasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts And Mathematics) dalam pembelajaran abad 21.Jurnal Bio Educatio.5(1):65-73. doi: http://dx.doi.org/10.31949/be.v5i1.2105

Munandar.H, Yusrizal, dan Mustanir.2015. Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berorientasi nilai islami pada materi hidrolisis garam.Jurnal Pendidikan Sains Indonesia.3(1):27-37.

Nugroho.A, T.Jalmo, dan A.Sutbakti.2019. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif.Jurnal Bioterdidik.7(3):50-58

Rahayu.R, S.Iskandar, dan Y.Abidin.2022.Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu. 6(2): 2099-2104. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rahmat, F.L.A., Suwatno., dan Rasto. 2018. Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Teams Games Tournament. SOSIO DIDATIKA. 5(1): 15-23.

Richo, Y., dan S.Martono. 2019. Manajemen Pendidikan Desain dengan Menggunakan Penerapan A Whole New Mind dan Tpdc (Total Product Design Concept) Untuk Generasi 4.0. Jurnal Itenas Rekarupa. 2(5): 115-123.

Rivai H.P, L.Yuliati, dan Parno.2018.Penguasaan konsep dengan pembelajaran STEAM berbasis masalah materi fluida dinamis pada siswa SMA.Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan.3(8):1080-1088

Rohim.F, H.Susanto, dan Ellianawati.2012. Penerapan model discovery terbimbing pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.Unnes Physics Education Journal.1(1):1-5. doi: https://doi.org/10.15294/upej.v1i1.775

Rohmatin D.N.2014. Penerapan Model Pembelajaran Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.Gamatika.5(1):1-7

Rostika.D dan H.Junita.2017. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sd Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR).Jurnal Pendidikan Dasar.9(1):35-46

Rusydiana, M., Nuriman., dan A.A.Wardoyo. 2021. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap High Order Thinking Skills pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. EduStearm: Jurnal Pendidikan Dasar. 5(1): 13-16.DOI: https://doi.org/10.26740/eds.v5n1.p13-16

Setyowati, E., I.S Hidayati., dan T.Hermawan. 2020. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika di MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Jurnal Intersections. 5(2): 26-37. DOI: https://doi.org/10.47200/intersections.v5i2.553

Sinulingga.P, T.J Hartanto, dan B.Santoso.2016.Implementasi pembelajaran fisika berbantuan media simulasi PhET untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis.Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika.2(1):57-64. doi: doi.org/10.21009/1.02109

Siregar.E.2022.Riset dan Seminar Sumber Daya Manusia.Bandung:Widina Media Utama

Sulistina.E dan Masrukan.2017. Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA.Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang.Februari.Universitas Negeri Semarang

Supardi U.S.2012.Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses Pembelajaran Matematika.Jurnal Formatif.2(3):248-262.DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i3.107

Surahman.E, S.Ulfa, Sulthoni, dan Sumaji.2020. Pelatihan Perancangan Pembelajaran Berbasis Computational Thinking untuk Guru Sekolah Dasar.Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.1(1):60-74.DOI:https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i2.277

Taufiqurrahman dan Junaidi.2021.Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning)Untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21.International Journal of Educational Resourches.2(2):226-241

Veronica A.R, Siswono T.Y, dan Wiryanto.2022. Hubungan Berpikir Komputasi dan Pemecahan Masalah Polya pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.5(1):115-126.DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v5i1.7977

Wahyuningsih.S.2013.Metode Penelitian Studi Kasus.Madura:UTM Press

Wicaksono.Y.2016.Jago Membuat Grafik Menggunakan Excel.Jakarta:PT Elex Media Komputindo

Wulandari A.S, I.N Suardana dan P.L Devi.2019. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia.2(1):47-58.DOI: https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17222

Yin R.K.2013.Case Study Research and Aplication Design and Methods.New York:SAGE Publication

Yuliani.W.2018.Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling.Quanta.2(2):83-91. doi: 10.22460/q.v2i1p21-30.642

Yuliana.D dan N.Ratu.2018. Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Eksponen Berbasis Teori Apos Pada Siswa Sma Theresiana Salatiga.Jurnal Maju.5(1):51-65

Downloads

Published

2022-12-31