ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP GERAK PADA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MEDIA VIDEO BERBANTUAN SOFTWARE TRACKER

Authors

  • Nur Utami Amaliah Universitas Tadulako
  • Sahrul Saehana Universitas Tadulako
  • I Wayan Darmadi Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/me.v16i2.738

Keywords:

pemahaman konsep, gerak, media video, software tracker

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pemahaman konsep gerak pada siswa yang diajar dengan media video berbantuan Software Tracker. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian merupakan siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu semester II tahun ajaran 2017/2018. Responden dipilih berdasarkan subjek dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah yang bersedia melakukan tes wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pilihan ganda beralasan disertai Certain of Rensponse Index (CRI) yang diberikan sebelum dan setelah menggunakan media video berbantuan Software Tracker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep gerak siswa pada tes awal dapat dikategorikan rendah. Pemahaman konsep gerak siswa setelah penggunaan media video berbantuan Software Tracker meningkat dan dapat dikategorikan sedang.

References

Viajayani, E.R., Radiyono, Y., & Rahardjo, D.T. “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Macromedia Flash Pro 8 pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor”, Jurnal Pendidikan Fisika, Vol(1), pp. 144-155. April, 2013.

Bloom, B.S., Engelhart, M.D., Furst, E.J., Hill, H.W, & Krathwohl, D.R. “Taxonomy of Educational Objectives: Handbook 1, Cognitive Domain”, New York: David Mckay, 1956.

Suparno, P. ‘Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika”, Jakarta: PT Grasindo, 2013.

Aravind, V.R. “Video and Multimedia in Physics Education’, Engineering and Physics Education, Vol(1), Issue 1, 2016.

Salem, H., Bagayoko, D., & Kelley, E.L. “Misconceptions and the Certainty of Response Index (CRI)”, International Online Journal of Educational Sciences, Vol(4) , pp. 294-299, 1999.

Hakim, A., Liliasari, & Kadarohman, A. “Student Concept Understanding of Natural Product Chemistry in Primary and Secondary Metabolites Using the Data Colecting Technique of Modified CRI”, International Online Journal of Educational Sciences, Vol(4), pp. 544-553, 2012.

Habibulloh, M., & Madlazim “Penerapan Metode Analisis Video Software Tracker dalam Pembelajaran Fisika Konsep Gerak Jatuh Bebas untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa Kelas X SMAN 1 Sooko Mojokerto.” Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya, Vol(4), pp. 544-533, 2014.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

[1]
N. U. Amaliah, S. Saehana, and I. W. Darmadi, “ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP GERAK PADA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MEDIA VIDEO BERBANTUAN SOFTWARE TRACKER”, ME, vol. 16, no. 2, pp. 84–88, Nov. 2020.

Issue

Section

Articles