PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN MEDIA SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PALU

Authors

  • Filda Mohammad Said Universitas Tadulako
  • Muhammad Ali Universitas Tadulako
  • I Komang Werdhiana Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/me.v16i2.736

Keywords:

inkuiri terbimbing, media sederhana, pembelajaran langsung, hasil belajar

Abstract

Model  pembelajaran  inkuiri  terbimbing  merupakan  pembelajaran  yang  melibatkan  siswa  dalam  menentukan  suatu  konsep  atau  materi  pelajaran  yang  sedang  dipelajari.  Keterlibatan  siswa  dalam  proses  pembelajaran  tersebut  dapat  berupa  mengajukan  berbagai  pertanyaan,  menghimpun  informasi,  dan  melakukan  penyelidikan. Pembelajaran langsung (DI) merupakan suatu model pembelajaran yang terdiri dari penjelasan guru mengenai konsep atau keterampilan baru terhadap siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan media sederhana terhadap hasil belajar IPA fisika pada siswa SMP Negeri 3 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain the non-equivalent pretest-posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palu. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Instrumen hasil belajar IPA fisika berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi melalui validitas konstruksi. Hasil uji t dua pihak dengan dk = 60 dan taraf signifikansi a = 0,05 diperoleh nilai thitung = 3,92 dan nilai ini lebih besar dari ttabel = 2,00. Hal ini berarti, nilai thitung berada di luar daerah penerimaan H0. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri terbimbing menggunakan media sederhana terhadap hasil belajar IPA fisika pada siswa SMP Negeri 3 Palu.

References

] N. Sudjana and Ibrahim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2012.

O. Hamalik, Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara, 2008.

K. Anam, Pembelajaran Berbasia Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2015.

N. Kertiasa, Pemanfaatan Alat Sederhana Sebagai Sumber Belajar, 1994. diunduh pada tanggal 14 Mei 2013.

R. Wahyuni, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017,” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Volume II, No 4, 2016.

H. Setiowati, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2014/2015,” Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Vol. 4 No. 4. Hal. 54-60, 2015.

N. Pratiwi, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Dolo,” Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako. Vol. 1, No. 4, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta, 2012.

Sudjana, Metode Statistika. Bandung: Cv Tarsito, 2015.

L. Nurmayani, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik,” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol. 4, No. 1, 2018.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

[1]
F. M. Said, M. Ali, and I. K. Werdhiana, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN MEDIA SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PALU”, ME, vol. 16, no. 2, pp. 74–78, Nov. 2020.

Issue

Section

Articles