PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL LAB BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 PALU

Authors

  • Weni Anggraeni Universitas Tadulako
  • Unggul Wahyono Universitas Tadulako
  • Darsikin Darsikin Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/me.v16i1.728

Keywords:

media pembelajaran, virtual lab berbasis android, hasil belajar fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran virtual lab berbasis android terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP N 3 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain the non equivalent pretest-posttest design. Sampel penelitian yaitu kelas VIII-J sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-I sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda yang telah divalidasi oleh validator. Dari analisis data, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata skor posttest adalah 9,57 dengan standar deviasi sebesar 3,35. Sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata posttest adalah 7,19 dengan standar deviasi sebesar 3,08. Berdasarkan uji hipotesis (uji-t dua pihak) diperoleh thitung = 2,69 dan t0,95(60) = 1,67 pada taraf nyata  = 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran virtual lab berbasis android terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP N 3 Palu.

References

I. Samarudin, “Jurnal Informatika,” Perancangan Aplikasi Pembelajaran Fisika Kelas XII SMA Berbasis Android, vol.2, no.10;100-137, 2014.

M. Hilmi, Buku Pintar Android, Jakarta: Media Kumputindo, 2015.

J. Poushter, “Pew Research Center,’’ Smartphone Ownership and Internet Usage Continues to Climb in Emerging Economies, vol.6, no.10;1-44, 2016.

Mujiono, “Jurnal Pendidikan,” Penerapan Laboratorium Riil dan Virtual pada Pembelajaran Biologi Ditinjau dari Gaya Belajar dan Kemampuan Memori Siswa, vol.4, no.2;198-204, 2015.

R. Nirwana, “Jurnal Phenomenon,” Pemanfaatan Laboratorium Virtual Dan E-Reference Dalam Proses Pembelajaran Dan Penelitian Ilmu Kimia, vol.1, no.1; 115-123, 2011.

A. Lintang, “Jurnal Pendidikan,” Remediasi Miskonsepsi Menggunakan Metode Interactive Problem Task And Experiment Berbantuan Labinapp Tentang Getaran Di SMP, vol.1, no.1;211-226, 2017.

S. Wahyuni, “Jurnal Pendidikan,” Pengaruh Jenis Laboratorium terhadap Respon Siswa, vol.11, no.1;74-86, 2010.

Suhendar, Wijayati, dan Mahatmanti, “Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia,” Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa, vol.11, no.2;2009-2018, 2017.

Darti, Fuadunazmi, dan Budi, “Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika lensa,” Pengaruh Penggunaan Media Laboratorium Virtual Fisika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa, vol.3, no.2;300-303, 2017.

Quddus, Hamid, dan Kasli, “Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika,” Perbandingan Hasil Belajar Fisika Dengan Menggunakan Laboratorium Nyata dan Laboratorium Virtual, vol.2, no.1;122-127, 2017.

Downloads

Published

2020-05-31

How to Cite

[1]
W. Anggraeni, U. Wahyono, and D. Darsikin, “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL LAB BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 PALU”, ME, vol. 16, no. 1, pp. 16–21, May 2020.

Issue

Section

Articles