PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SFAE BERBANTUAN KOMIK EDUKATIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PALU

Authors

  • Nursyamsi Nursyamsi Universitas Tadulako
  • Muslimin Muslimin Universitas Tadulako
  • Amiruddin Hatibe Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/me.v16i1.727

Keywords:

model SFAE, komik edukatif, pemahaman konsep fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) berbantuan komik edukatif terhadap pemahaman konsep fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Palu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi yang menggunakan desain penelitian the equivalent pretest-postest design. Penelitian ini menggunakan sampel pada kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol, dengan sampel pada masing-masing kelas berjumlah 32 dan 30 siswa. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep berbentuk tes pilihan ganda beralasan berjumlah 20 soal. Berdasarkan tes pemahaman konsep yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai posttest lebih tinggi daripada nilai pretest. Adapun skor tertinggi posttest yaitu 37 dan skor tertinggi pretest yaitu 31. Uji peningkatan hasil tes diperoleh nilai rata-rata N-gain yaitu 55,28% dengan kriteria sedang. Hasil perhitungan dari uji hipotesis (uji-t) diperoleh thitung sebesar 4,04 dan ttabel pada taraf nyata α = 0,05  dan dk = 60 yaitu 1,67. Hal ini berarti bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0 . Dengan demikian, terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe SFAE berbantuan komik edukatif terhadap pemahaman konsep fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Palu.

References

Aziz. Penerapan Model Belajar Student Facilitator and Explaining pada Proses Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Purworejo. Skripsi. Purworejo, 2014.

S. B. Djamarah. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Mawarsih. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Palu”. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), Vol. 4, No. 3, 2016.

Nirsam. “Meningkatkan Hasil Belajar Fisika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada Siswa Kelas VIIID SMP Negeri 5 Palu”. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), Vol. 1, No. 1, 2011.

Putut, Hikmawati, Satutik. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Fisika”. J. Pijar MIPA, Vol. XII, No. 1, 2017.

Sudjana. “Metode Statistik”. Bandung: CV. Tarsito, 2005.

Downloads

Published

2020-05-31

How to Cite

[1]
N. Nursyamsi, M. Muslimin, and A. Hatibe, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SFAE BERBANTUAN KOMIK EDUKATIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PALU”, ME, vol. 16, no. 1, pp. 11–15, May 2020.

Issue

Section

Articles