PENGARUH PENGGUNAAN ALAT SEDERHANA KONVERSI ENERGI MEKANIK DALAM MODEL PEMBELAJARAN POE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI KELAS VII SMPN 15 SIGI

Authors

  • Liska Fajaryani Universitas Tadulako
  • Sahrul Saehana Universitas Tadulako
  • I Wayan Darmadi Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/me.v16i2.726

Keywords:

Alat Sederhana, POE (Predict, Observe, Explain), Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat pengaruh penggunaan alat sederhana dalam model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) menggunakan metode eksperimen dan model pembelajaran POE tanpa metode eksperimen pada siswa kelas VII di SMP Negeri 15 Sigi. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain the eqivalent pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 15 Sigi. Teknik Sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Purposive Sampling dengan sampel penelitian adalah kelas VII B sebagai kelompok eksperimen dan kela VII A sebagai kelompok kontrol. Instrumen hasil belajar siswa berupa tes pilihan ganda yang telah divalidkan melalui validitas kontruksi. Tes hasil belajar siswa yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen sebesar 14,91. Dimana hasil ini lebih tinggi dari pada kelompok kontrol yaitu 11,20. Uji hipotesis Uji-t (dua pihak), diperoleh  = 3,18 dan  = 2,00 pada taraf nyata α = 0,05. Ini berarti bahwa nilai  berada diluar daerah penerimaan . Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan alat sederhana dalam model pembelajaran POE menggunakan metode eksperimen dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran POE tanpa metode eksperimen pada siswa kelas VII SMP Negeri 15 Sigi.

References

P. M. Restami. "Pengaruh Model pembelajaran POE (Predikct, Observe, and Explain Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah di Tinjau dari gaya Belajar Siswa". Jurnal Program Pasca Sarjana universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, Vol 3, 2013.

Marwiah. "Peningkatan Pemahaman Belajar Fisika pada Siswa Kelas XD SMAN 9 Palu dengan pemanfaatan Alat-Alat Sederhana". Skripsi pada Fakultas KIP Universitas Tadulako: tidak diterbitkan, 2007.

S. Paul. "Metodologi pembelajaran Fisika Konstruktivistik". Yogyakarta: universitas Sanata Dharma, 2007.

Sugiyono. "Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D". Bandung: Alfabeta, 2015

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

[1]
L. Fajaryani, S. Saehana, and I. W. Darmadi, “PENGARUH PENGGUNAAN ALAT SEDERHANA KONVERSI ENERGI MEKANIK DALAM MODEL PEMBELAJARAN POE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI KELAS VII SMPN 15 SIGI”, ME, vol. 16, no. 2, pp. 70–73, Nov. 2020.

Issue

Section

Articles