PENGARUH STRATEGI ROTATING TRIO EXCHANGE DALAM PEMBELAJARAN AKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 PALU

Authors

  • Nurjannah Nurjannah Universitas Tadulako
  • Amiruddin Kade Universitas Tadulako
  • Muhammad Jarnawi Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/me.v16i1.723

Keywords:

strategi rotating trio exchange, pembelajaran aktif, pemahaman konsep fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh strategi rotating trio exchange dalam model pembelajaran aktif terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Palu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen kuasi dengan desain “The Equivalent Pretest-Posttest Design”. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaan konsep fisika dalam bentuk esai yang telah divalidasi oleh ahli. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh rerata skor pretest pemahaman konsep fisika siswa kelas eksperimen adalah 12,86 dengan standar deviasi 2,44, untuk rerata skor posttest adalah 20,77 dengan standar deviasi 2,49. Untuk kelas kontrol diperoleh rerata skor pretest 12,68 dengan standar deviasi 2,03, sedangkan untuk rerata skor posttest adalah 18,04 dengan standar deviasi 2,38. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak dengan taraf signifikan α=0,05. Diperoleh  nilai hasil thitung = 2,77 dan ttabel = 2,02. Ini berarti bahwa nilai thitung  berada diluar daerah penerimaan Ho. Hasil ini menunjukkan ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh strategi rotating trio exchange dalam pembelajaran aktif terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Palu.

References

P. Suparno, Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta : PT. Grasindo, 2005.

Sabella dan Redish, Knowledge Activation and Organization in Physics Problem Solving. University of Maryland. 2007.

M. Silberman, Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif, edisi ketiga. San Fransisco : Pfeiffer, 2006.

T. Yerigen, “Journal of College Teaching & Learning, Getting Active In The Classroom, vol. 5, no.6, 2008.

A. Wulandari, “Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika,” Pembelajaran Aktif Melalui Strategi Rotating Trio Exchange terhadap Prestasi Belajar Siswa, vol.02, no. 03;6-10, 2013.

W. Setiyani, M. Arif, dan E. Kurniawan, “ Jurnal Radiasi Pendidikan Fisika,” Rotating Trio Exchange dengan Media Question Box terhadap Hasil Belajar Fisika, vol. 7, no. 01, 2015.

S. Riza, R. Usman, dan Abdullah, “Jurnal Pendidikan Kimia,” Rotating Trio Exchange disertai Question Box dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, vol. 07, no. 05, 2015.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, 2014.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta, 2006.

Downloads

Published

2020-05-31

How to Cite

[1]
N. Nurjannah, A. Kade, and M. Jarnawi, “PENGARUH STRATEGI ROTATING TRIO EXCHANGE DALAM PEMBELAJARAN AKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 PALU”, ME, vol. 16, no. 1, pp. 1–5, May 2020.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)