Analisa Kemampuan Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Penyusunan dan Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Kurikulum Merdeka di SMK Muhammadiyah 1 Palu

Authors

  • Andi Bismawati Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Nur Halifah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/jko.v10i4.3310

Keywords:

Student Worksheet, Teacher Ability, Independent Curriculum

Abstract

The newly implemented Independent Curriculum in the learning process requires students to play an active and independent role in learning. Teachers as facilitators must be able to choose good learning resources for their students to use, one of which is selecting student worksheets. The teacher must carry out an analysis of the needs of learning resources in learning. The purpose of this study was to determine the teacher's ability to compile and use student worksheet in Informatics learning in the material of Computer Networks and the Internet in class X SMK Muhammadiyah 1 Palu. This type of research is qualitative descriptive research. The results of this study show that the ability of Indonesian teachers in compiling student worksheet according to the Independent Curriculum obtains an average score of 81% in the very good category and the ability to use use prepared student worksheet to obtain an average score of 89% in the very good category.

References

Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(2).

Ananda, R. & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan (Teori dan Praktik dalam Pendidikan). Medan, Indonesia: CV Widya Puspita.

Andayani, N. (2015). Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Indikator pada Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 2(1).

Ariyanto, M. P., Muqtafia, K., Fahma, A. A., Nurviyani, E., & Purwaningrum, J. P. (2022). Pengembangan LKS Matematika Berbasis Jepara Local Wisdom pada Materi Segi Empat dan Segitiga Sebagai Wujud Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT) (pp. 37-48).

Aryzona, E. F., Asrin, A., & Syazali, M. (2023). Analisis Kompetensi Guru dan Desain Pembelajaran dalam Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran Sesuai Kurikulum Merdeka SD Negeri 1 Jantuk Tahun Pelajaran 2022-2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 424-432.

Asmawati, E. Y. (2015). Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1).

Awe, E. Y., & Ende, M. I. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Elektronik Bermuatan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku pada Siswa Kelas IV SDI Rutosoro di Kabupaten Ngada. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 48-61.

Effendi, K. N. S., & Aini, I. N. (2018). Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Siswa (LKS) bagi Guru Matematika SMP di Telukjambe, Karawang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 45-52.

Fahira, F. (2015). Kemampuan Penyusunan dan Penggunaan Lembar Kerja Siswa Guru Mapel IPA Kelas VII dan VIII Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Sawit Tahun Pelajaran 2014/2015 [Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta].

Fannie, R. D., & Rohati, R. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, 8(1).

Ginting, A. (2010). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung, Indonesia: Humaniora.

Kagum, E.Y., & Ende, M. I. (2019). Pengembangan LKS Elektronik Bermuatan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggal Saya Siswa Kelas IV SDI Rutosoro Kabupaten Ngada. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 48-61.

Kharil, K., & Yusriati, Y. (2018). Pengembangan Model Analisis Lembar Kerja Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan Gramatika Siswa di Kota Medan. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Kristyowati, R. (2018). Lembar Kerja Siswa (LKPD) IPA Sekolah Dasar Berorientasi Lingkungan. Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar (pp. 282-287).

Mayke, T. P. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKPD) Berbasis Budaya Melayu Riau dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) di Sekolah Dasar [Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau].

Nofayukisari, N., Harisanti, B. M., & Royani, I. (2021). Validitas Lembar Kerja Siswa (LKS) Biologi Berbasis Pembelajaran Guided Inquiry. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 9(1), 161-169.

Nurizzati. (2009). Pola Pengintegrasian Pembelajaran Komponen Kebahasaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/MA. Jurnal Bahasa dan Seni, 10(2), 119-125.

Sadiyyah, R., Gustiana, M., Panuluh, S. D., & Sugiarni, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Berbasis Mobile Learning untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Prisma, 8(1), 80-95.

Sari, D. A. P., Fauziah, A. N. M., Astriani, D., Susiyawati, E., & Mursyidah, R. W. (2023). Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Siswa Berbasis Project-Based Learning untuk Guru IPA Kabupaten Magetan. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 647-658.

Sembiring, G. (2009). Mengungkap Mengungkap Rahasia dan Tips Menjadi Guru Sejati. Yogyakarta, Indonesia: Galang Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Indonesia: CV Alfabeta.

Downloads

Published

2022-12-31