"Pue Guru" Journal of Community Service https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jcs en-US Tue, 27 Dec 2022 08:00:37 +0000 OJS 3.3.0.15 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Pada Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Palu https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jcs/article/view/2800 <p>Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu mahasiswa Prodi Pend. Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Palu menuliskan sitasi pada isi skripsi dengan benar, menysusn/mengelolah daftar pustaka dengan benar, dan memperbaiki hasil tulisan ilmiah/skripsi mahasiswa. Pelaksanaan kegiatan pengabdian terdiri dari Presentasi. Diskusi, dan praktek. Selama praktek penggunaan aplikasi Mendeley dan melakukan sitasi, peserta pelatihan menunjukkan keseriusan, fokus dan keaktifan. Hal ini menunjukkan bahwa mereka merasa bahwa kegiatan pengabdian pelatihan penggunaan Mendeley bermanfaat bagi mereka, bagi mahasiswa, aplikasi mendeley sangat membantu dalam penyusunan tugas akhir mereka. Pengetahuan akan cara melakukan sitasi yang benar akan membantu mahasiswa menghaindari plagiasi yang jika terjadi akan berdampak bukan hanya pada mahasiswa tersebut namun dosen pembimbing dan institusi Pendidikan tempat mahasiswa menempuh pendidikannya.</p> Anjar Kusuma Dewi, Aminah Suriaman, Nur Sehang Thamrin, Ernawaty Usman, Andi Saifah, Mashuri Copyright (c) 2022 "Pue Guru" Journal of Community Servis https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jcs/article/view/2800 Tue, 27 Dec 2022 00:00:00 +0000 Belajar Dari Lingkungan Budaya Daerah Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jcs/article/view/2797 <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Belajar dari lingkungan melalui budaya daerah bagi mahasiswa pada program studi pendidikan strata satu (S1) mahasiswa Universitas Tadulako sebuah terobosan inovasi pembelajaran pada pengembangan materi berbasis budaya daerah yang memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Pada kondisi saat ini di era globalisasi dan sebagai wujud mempertahankan budaya daerah tetap menjaga agar mudah untuk menciptakan generasi muda budaya daerah melalui proses pembelajaran. </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Tujuan pelaksanaan penyuluhan ini untuk mengembangkan wawasan dan materi pembelajaran berbasis daerah sebagai sumber belajar melalui lingkungan setempat yang memiliki keunggulan-keunggulan budaya daerah.</span></span></span></span></p> Misnah Misnah Copyright (c) 2022 "Pue Guru" Journal of Community Servis https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jcs/article/view/2797 Tue, 27 Dec 2022 00:00:00 +0000 Trauma Healing pada Siswa SMP Pasca Gempa dan Likuifaksi Di Kabupaten Sigi dalam Program Sekolah Tenda https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jcs/article/view/2935 <p>Gempa dan likuifaksi yang melanda Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala menimbulkan trauma yang mendalam pada siswa-siswa di tiga daerah yang mengalami dampak paling parah. Trauma yang diderita oleh siswa-siswa pada semua jenjang pendidikan menggugah perhatian dari praktisis pendidikan dan akademisi untuk memberikan layanan dalam rangkan mengurangi rasa trauma yang dialami oleh siswa. Pengabdian kepada masayarakat ini memilih Kabupaten Sigi sebagai lokasi pelaksanaan, dengan pertimbangan jarak tempuh dari rumah tim pengabdi yang terjangkau. Metode pengabdian yang dilakukan adalah play therapy, karena target pengabdian adalah siswa. Hasil pengabdian menunjukkan terjadi perubahan secara emosional dan sosial pada perilaku siswa setelah dilakukan Trauma Healing</p> Herlina Herlina, Hamlan Andi Baso Malla, Misnah Misnah, Maman Suherman, Ratman Ratman Copyright (c) 2022 "Pue Guru" Journal of Community Servis https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jcs/article/view/2935 Tue, 27 Dec 2022 00:00:00 +0000 Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah Remaja pada Guru Pembina dan Siswa di SMA Negeri 2 Palu https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jcs/article/view/3040 <p>Tujuan kegiatan pengabdian (1) guru dan siswa dapat memiliki pengetahuan dan pemahaman menyusun proposal penelitian dan penulisan karya ilmiah dan (2) memberi pemahaman dan keterampian kepada guru dan siswa dalam menyusun proposal penelitian dan penulisan karya ilmiah sesuai dengan kaidah penulisan yang baik. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan dan pendampingan. Evaluasi dilakukan untuk mengukur pemahaman dan kemampuan peserta melalui pemberian tugas membuat proposal penelitian dan karya ilmiah. Indikatornya ialah mencocokkan tabel rubrik yang berisi tentang kelengkapan dalam penulisan judul, persoalan penelitian, manfaat penelitian, kerangka teori dan kajian pustaka serta metodologi penelitian. Hasil kegiatan pelatihan menyusun proposal penelitian dan penulisan karya ilmiah di SMA Negeri 2 Palu 70% peserta memahami dan dapat pembuatan proposal serta karya ilmiah. Dengan demikian, kegiatan pelatihan ini dinyatakn terlaksana dengan baik</p> Hasan Hasan, Juraid Juraid, Lukman Lukman, Haliadi Haliadi, Ismail Ismail Copyright (c) 2022 "Pue Guru" Journal of Community Servis https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jcs/article/view/3040 Wed, 14 Dec 2022 00:00:00 +0000