Identifying Student Misconceptions During the Covid Pandemic Using Three Tier Diagnostic Test on Reactions Rate Materials

Authors

  • Dian Puspita Sari Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Kasmudin Mustapa Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Minarni Rama Jura Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbot.v2i1.3459

Keywords:

Miskonsepsi, Three tier, Laju reaksi, Pandemi covid

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat miskonsepsi siswa menggunakan tes diagnostik three-tier pada materi laju reaksi kelas XI SMA Negeri 7 Palu Kota Palu. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2020 sampai bulan februari 2021. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 7 Palu tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir dengan menggunakan instrument tes diagnostic three-tier. Hasil penelitian maka ditemukan miskonsepsi siswa pada sub bab laju reaksi  dengan prsentase sebesar 74,07% dalam kategori tingkat miskonsepsi tinggi, sub bab Teori tumbukkan dengan presentase sebesar 62,96% dalam kategori miskonsepsi tinggi, sub bab orde reaksi dengan prsentase sebesar 62,96% dalam kategori miskonsepsi tinggi, sub bab teori tetapan laju reaksi dengan presentase sebesar 48,14% dalam kategori miskonsepsi sedang.Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi sumber informasi mengenai tingkat miskonsepsi siswa.

References

Anggraeni, W “Analisis miskonsepsi materi asam-basa siswa SMA Negeri di Kota Tangerang dengan menggunakan intrumen tes diagnostik two-tier”. Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Jakarta: diterbitkan (2017).

Auliyani. “Analisis kesulitan pemahaman siswa pada materi sifat koligatif larutan dengan menggunakan three-tier multiple choice diagnostic test di kelas XII IPA 2 SMA Negeri 5 Banda Aceh”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), 2 (1), 2016, pp. 55-64.

Anwarudin A, Murbangun N dan Nuni W. “Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Hidrolisis Garam Melalui Tes Diagnostik”. Jurnal Chemistry in Education Jurusan Kimia FMIPA, Universitas Negeri Semarang, 8 (1), 2019, pp. 1-7.

Juhji, Upaya Mengatasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Sistem Saraf Melalui Penggunaan Peta Konsep”. Jurnal Formatif Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 8(1), 2017, pp 33-39.

Monita, A, M., & Suharto, B. “Identifikasi dan Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Three-tier multiple choice diagnostic instrument pada Konsep Kesetimbangan Kimia”. Jurnal Program Studi Pendidikan Kimia. FKIP Universitas Lambung Mangkurat. 7(1), 2016, pp. 27-38.

Mubarak, S., Susilaningsih, E dan Cahyono, E“Pengembangan Diagnostik Three-tier Multiple Choice untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Kelas XI”, Jurnal Of Innovative Science Education (JISE) Prodi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. 5(2), 2016, pp. 101-110.

Pujayanto, B. r. "Pengembangan tes diagnostik empat tahap tentang kinematika". Jurnal Cakrawala pendidikan Pendidikan Fisika Universitas Sebelas Maret, 37(2), 2018, pp. 237-249.

Qurota Ayun, Harjito, A. Q. “Analisis miskonsepsi siswa menggunakan tes diagnostic multiple choice berbantuan cri (certainty of response index)”, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang, 12(1), 2018, pp. 2108-2117.

Suparno, P. (2013) Miskonsepsi & perubahan konsep dalam pendidikan fisika. Indonesia, Jakarta: PT. Grasindo.

Setiawan. “Identifikasi dan analisis miskonsepsi pada materi ikatan kimia menggunakan instrument tes diagnostik three-tier”. Jurnal Program Studi Pendidikan IPA. Universitas Negeri Semarang. 7 (1), 2017, pp. 27-38

Tayubi, Y. R. “Identifikasi Miskonsepsi pada Konsep-konsep Fisika dengan menggunakan CRI (Certainty Of Response Index)”. Jurnal Mimbar Pendidikan Jurusan Penddidikan Fisika FPMIPA UPI. 24 (3) , 2005, pp. 4-9.

Wulan, R. N (2016) “Meremediasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Struktur Atom Berbasis Gaya Belajar Dimensi Proses Menggunakan Multimedia Interaktif. Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya, ISBN: 978-602-0951-12-6, 242-247.

Yuliati, Y. “Miskonsepsi siswa pada pembelajaran ipa serta remediasinya”. Jurnal Pendidikan IPA Bio Education Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Majalengka, 2(2), 2017, pp. 50-58.

Ngurah Laba Laksana, D. “Miskonsepsi Dalam Materi Ipa Sekolah Dasar”. Jurnal Cakrawala Pendidikan Indonesia, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pedidikan. 5(2), 2016, pp. 167-266

Downloads

Published

2022-11-12

Issue

Section

Articles