Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Masa Pandemi Covid Menggunakan Tes Diagnostik Three Tier Pada Materi Termokimia

Authors

  • hardianti hardianti Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Kasmudin Mustapa Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Ratman Ratman Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Magfirah Magfirah Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbot.v2i1.3458

Keywords:

Miskonsepsi, Three tier, Termokimia, Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sidoan Kab.Parigi Moutong. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-Desember 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Teknik pengambilan sampel adalah Random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat (Three-tier). Hasil penelitian menunjukkan tingkat paham konsep siswa diperoleh sebanyak 33%. Tidak Paham Konsep diperoleh sebanyak 28%. Miskonsepsi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sidoan diperoleh sebanyak 40%. Kategori miskonsepsi tertinggi terdapat sub konsep Sistem dan Lingkungan sebesar 12,5%. Persentase miskonsepsi berdasarkan item soal, tingkat miskonsepsi tertinggi terdapat pada item soal nomor 28 dengan persentase 67,5%. Sedangkan yang terendah terdapat pada item soal nomor 1,4, dan 14 dengan persentase terendah sebesar 10%-12,5%. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi sumber informasi mengenai tingkat miskonsepsi siswa.

References

Mayangsari, F., & Dwita, D., “Pelatihan komunikasi efektif media pembelajaran google classroom bagi guru Man 2 Model Pekanbaru.” Jurnal Pengabdian UntukMu Negeri, 3(1), 2019, pp. 18-23.

Nurul, K., Sri, Y., & Mohammad, M., “Penerapan model pembelajaran cps disertai jurna siswa (diary book) untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi siswa pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan.” Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 2015, pp. 55-53.

Anna, S., Diah, M & Fathiah, A., “Identifikasi miskonsepsi menggunkaan tes diagnostik theree-tier pada hukum newton dan penerapannya.” Journal Of Teaching and Learning Physics, 1(1), 2016, pp. 24-33.

Dewi, N. S & Abd, K., “Analisis kualitas instrumen three-tier identifikasi profil konsepsi siswa pada materi teori kinetika gas.” Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 8(2), 2019, pp. 31-40.

Pradana P. H. I. L. H. A. M., & Novita, D. “Validitas dan reliabilitas instrumen tes diagnostik four-tier multiple Choice (4tmc) pada konsep laju reaksi.” Unesa Journal Of Chemical Education, 9(2), 2020.

Siti, S., Yuliani, Y., & Ahmad, B. “Miskonsepsi siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dengan menggunakan three-tier test.” Journal biologi education 7(2), 2018, pp. 365-370.

Monita, A. M., & Suharto, B. “Identifikasi dan analisis miskonsepsi siswa menggunakan three-tier multiple choice diagnostic instrument pada konsep kesetimbangan kimia.” Jurnal Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat, 7(1), 2016, pp. 27-38.

Ningsih, K. “Diagnosa kesalahan konsep (miskonsepsi) mahasiswa tingkat pertama pada konsep konsep dasar biologi.” Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(1), 2010 pp. 107-108.

Wiji, D. “Kemampuann berpikir logis dan model mental kimia sekolah mahasiswa calon guru.” Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(1), 2014, pp. 148-149.

Fariyani, Q., “Pengembangan four-tier diagnostik tes untuk mengungkap miskonsepsi fisika siswa sma kelas X.” Jurnal Pendidikan IPA, 4(2), 2015, pp. 44-45.

Rahmadani, N, “Perbandingan hasil diagnostik miskonsepsi menggunakan three tier dan four tier diagnostik tes pada materi gerak lurus.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 2019, pp. 106-107.

Istiyani, R., Muchyidin, A., & Rahardjo, H., “Analisis miskonsepsi siswa pada konsep geometri menggunakan three-tier diagnostik tes.” Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(1), 2018, pp. 23-24.

Ngurah, L. L. D., “Miskonsepsi dalam materi IPA sekolah dasar.” Jurnal Cakrawala Pendidikan Indonesia, 5(2), 2016, pp. 167-168.

Maison, Neneng, L., & Anjas, W., “Identifikasi miskonsepsi siswa pada materi usaha dan energi.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 2020, pp. 32-39

Pujayanto, D, “Pengembangan tes diagnostik miskonsepsi empat tahap tentang kinetika.” Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 2018, pp. 105-108.

Downloads

Published

2022-11-12

Issue

Section

Articles