Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Ekosistem dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture

Authors

  • Suci Rahmania Putri UPT SPF SD Negeri 101744 Desa Klambir
  • Waliyul Maulana Siregar Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbot.v2i1.2631

Keywords:

hasil belajar, tema ekosistem , model picture and picture

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pada tema 5 ekosistem, sub tema 2 hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture di kelas V SD Negeri 101744 Desa Klambir Kecamatan Hamparan Perak. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SDN 101744 Desa Klambir yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes esai dan observasi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Adapun hasilnya tes awal siswa memperoleh rata-rata kelas sebesar 45,37% dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 6 siswa (15%) dan 34 siswa (85%) belum mencapai ketuntasan belajar, selanjutnya dilaksanakan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture diperoleh rata-rata kelas sebesar 66%, dengan ketuntasan belajar sebanyak 22 siswa (55%) dan 18 siswa (45%) belum mencapai ketuntasan belajar, jadi terdapat peningkatan sebesar 40% dari hasil pretes dan siklus I. Selanjutnya pada siklus II dengan menggunakan model picture and picture diperoleh rata-rata kelas sebesar 81%, dengan ketuntasan belajar sebanyak 36 siswa (90%) dan 4 siswa (10%) belum mencapai ketuntasan belajar, jadi terdapat peningkatan sebesar 35% dari hasil siklus I dan siklus II. Lebih lanjut dari hasil data observasi pada siklus I kegiatan guru selama pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 63,33% (baik) dan kegiatan siswa selama mengikuti pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 51,83% (kurang), dan dilanjutkan kembali observasi pada siklus II dan mengalami peningkatan dengan rata-rata 93,33% (sangat baik) dan kegiatan siswa selama mengikuti pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 70,70% (baik).

References

W., Sri Anitah, dkk. 2020. Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang. Universitas terbuka.

Hamdayana, Jumanta 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Shoimin, Aris. (2014). Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2022-11-12

Issue

Section

Articles