Penggunaan Metode Edutainment Berbantuan Animasi Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 5 Palu

Authors

  • Winda Winda Universitas Tadulako
  • I Komang Werdhiana Pendidikan Fisika Universitas Tadulako
  • Unggul Wahyono Pendidikan Fisika Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbot.v1i1.1365

Keywords:

metode Edutainment, animasi komputer, hasil belajar fisika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika siswa melalui penggunaan metode edutainment berbantuan animasi komputer. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen quasi dengan desain non randomized pretest-posttest control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proposive Sampling dengan sampel penelitian adalah kelas X Mipa 5 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X Mipa 6 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda. Hasil tes menunjukkan bahwa nilai rerata tes awal (pretest) kelompok eksperimen 8,38 dengan standar deviasi 2,66 dan tes awal (pretest) kelompok kontrol yaitu 7,58 dengan standar deviasi 3,10. Dan nilai rerata tes akhir (posttest) kelompok eksperimen 14,38 dengan standar deviasi 3,10 dan tes akhir (posttest)  kelompok kontrol yaitu 11,31 dengan standar deviasi 2,97. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh t_hitung=6,15 dan t_(0,975(68))=1,71 pada taraf nyata a=0,05. Ini berarti bahwa nilai t_hitung berada diluar daerah penerimaan H_0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar  fisika siswa melalui penggunaan metode edutainment berbantuan animasi komputer.

References

A.G.J.Nasution. “Pembelajaran Edutainment: Tinjauan Filosofi Pendidikan Islam”. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis, 2012.

S.Hamid. Metode Edutainment. Jogjakarta: Diva Press, 2011.

N.A.Rusydi. “Pengaruh Penerapan Metode Edutainment dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Murid SD Kartika XX-I Kecamatan Mamajang Kota Makassar”. Makasar: Pascasarjana Universitas Negeri Makasar, 2017.

M.Taufiq, N.R.Dewi, & A.Widiyatmoko. “Pengembangan media pembelajaran ipa terpadu Berkarakter peduli linkungan tema “konservasi” Berpendekatan science-edutainment”. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (2):140-145, 2014.

G.A.Tunde. “Penerapan Metode Edutainment Berbasis Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 9 Palu”. Jurnal Pendidikan FisikaTadulako (JPFT).Vol. 5 No. 1, 2015.

B.Harsono, Soesanto, & Samsudi. “Perbedaan hasil belajar antara metode ceramah konvensional dengan ceramah berbantuan media animasi pada pembelajaran kompetensi perakitan dan pemasangan sistem rem”. Jurnal PTM, Vol. 9, No. 2, 2009.

H.Darmadi. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.

A.Widiyatmoko. “Penerapan Pendekatan Science-edutainment Berbantuan CD Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Siswa”. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes dengan tema Peningkatan Pro-fesionalitas Guru Melalui Publikasi Karya Ilmiah. Semarang, 24 Juli 2010, 2010.

Abdan. “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Konsep Cahaya Melalui Pembelajaran Science-Edutainment Berbantuan Media Animasi”. Jurnal Kreatif Tadulako Online.Vol. 4 No. 4, 2015.

Downloads

Published

2021-11-12

Issue

Section

Articles