Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament disertai Joyful Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 5 Palu

Authors

  • Rezy Hasan Universitas Tadulako
  • Kamaluddin Kamaluddin
  • Muhammad Ali Pendidikan Fisika Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/jbot.v2i1.1343

Keywords:

Teams Games Tounament, Joyful Learning, Hasil Belajar Fisika

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament disertai Joyful Learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 5 Palu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen kuasi dengan desain the non-equivalent control group design. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar fisika dalam bentuk pilihan ganda yang telah di uji coba. Berdasarkan hasil pengolahan data, untuk kelas eksperimen diperoleh rerata skor tes akhir adalah 13,63 dengan nilai ketuntasan klasikal 54,52 % dengan standar deviasi yaitu 3,17. Untuk kelas kontrol diperoleh rerata skor tes akhir adalah 8,23 dengan nilai ketuntasan klasikal 32,92 % dengan standar deviasi 2,91. Dari hasil analisa data tes akhir yang ada diperoleh nilai ttabel 1,67 sedangkan nilai thitung 7,43. Hal ini menunjukan bahwa thitung berada didalam daerah penolakan H0. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 di terima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf nyata berbeda secara signifikan dengan kelompok siswa yang mendapatkan model Direct Instruction. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament disertai Joyful Learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 5 Palu.

References

Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Disertai Joyfull Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA, 2014

E. Mulyasa. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2006

E. I. Kamariyah. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Wacana Didaktika, 2016.

Khoiriati, V. Eka. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Joyfull Learning Berbantuan Modul SMART-Interaktif pada Hasil Belajar Materi Gerak Lurus. Skripsi. Jawa Tengah: Universitas Negeri Semarang, 2013.

Medsker, L. Karen dan Holdsworth, M. Kristina. Models and Strategies for Training Design. About ISPI. Printed in United states of America, 2001.

Notoadmodjo, S. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Sudjana, N. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005

Sugandi. A. Teori Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2000

Published

2022-05-30

Issue

Section

Articles