REPRESENTASI KESALAHAN KOMUNIKASI TULIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL INDUKSI MATEMATIKA

Authors

  • Nursupiamin Nursupiamin Institut Agama Islam Negeri Palu
  • Agung Wicaksono Institut Agama Islam Negeri Palu

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v10i1.831

Keywords:

: Kesalahan, Komunikasi Tulis, Induksi Matematika

Abstract

Dalam merepresentasi kesalahan komunikasi tulis dalam menyelesaikan soal induksi matematika, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah 20 orang yang merupakan mahasiswa Tadris Matematika FTIK IAIN Palu yang memprogram Mata Kuliah Teori Bilangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pemberian tes induksi matematika. Hasil kajian menunjukkan kesalahan komunikasi tulis pada aspek ketepatan dan kebenaran jawaban sebesar 37.95%, aspek penggunaan bahasa matematika sebesar 30.12%, aspek struktur jawaban sebesar 17.47% dan aspek strategi pemecahan yang digunakan sebesar 14.46%. Pada kajian ini, kesalahan pada aspek penggunaan bahasa matematika cenderung berdampak pada aspek ketepatan dan kebenaran jawaban yang disebabkan kurangnya penguasaan konsep induksi matematika dan lemahnya penguasaan pembuktian mengikuti prosedur.

Author Biographies

Nursupiamin Nursupiamin, Institut Agama Islam Negeri Palu

Program Studi Tadris Matematika, FTIK,

Agung Wicaksono, Institut Agama Islam Negeri Palu

Program Studi Tadris Matematika, FTIK

Downloads

Published

2021-03-22

How to Cite

Nursupiamin, N., & Wicaksono, A. . (2021). REPRESENTASI KESALAHAN KOMUNIKASI TULIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL INDUKSI MATEMATIKA. Aksioma, 10(1), 12–17. https://doi.org/10.22487/aksioma.v10i1.831

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)