PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII MTs ALKHAIRAAT TONDO MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI IRISAN DAN GABUNGAN HIMPUNAN

Authors

  • Norma
  • Mustamin Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v4i1.52

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh deskripsi penggunaan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VII  MTs Alkhairaat Tondo pada materi irisan dan gabungan himpunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneliti­an tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian yang mengacu pada Kemmis dan Mc.,Taggart yakni perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi irisan dan gabungan himpunan mengikuti langkah-langkah yaitu (1) membina suasana yang,responsif di antara siswa, (2) mengemukakan permasalahan untuk ditemukan pemecahannya, (3) mengajukan pertanyaan kepada siswa, (4) merumuskan hipotesis, (5) menguji hipotesis, dan (6) perumusan keputusan

Kata Kunci: penemuan terbimbing; pemahaman; irisan dan gabungan himpunan.

Downloads

Published

2015-03-25

How to Cite

Norma, & Idris, M. . (2015). PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII MTs ALKHAIRAAT TONDO MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI IRISAN DAN GABUNGAN HIMPUNAN. Aksioma, 4(1), 54–66. https://doi.org/10.22487/aksioma.v4i1.52

Issue

Section

Articles