PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS X MIA SMA NEGERI 1 SOJOL

Authors

  • Rohani

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v4i1.47

Abstract

Abstrak; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan tipe TPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA  SMA Negeri 1 Sojol yang terdaftar pada tahun akademik 2014/2015 yang terdiri dari tiga kelas. Tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berbentuk essay. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara yang mengikuti pembelajaran dengan meng­gunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan yang mengikuti pem­belajar­­an menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS di kelas X MIA SMA Negeri 1 Sojol.

Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif tipe NHT, pembelajaran kooperatif tipe TPS, hasil belajar

Downloads

Published

2015-03-25

How to Cite

Sitti Rohani. (2015). PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS X MIA SMA NEGERI 1 SOJOL. Aksioma, 4(1), 24–31. https://doi.org/10.22487/aksioma.v4i1.47

Issue

Section

Articles