PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 TORIBULU PADA MATERI KELILING DAN LUAS DAERAH LAYANG-LAYANG

Authors

  • Ulfiana

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v4i1.46

Abstract

Abstrak: Penelitian ini membahas tentang upaya peningkatan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas daerah layang-layang di kelas VII A SMP Negeri 1 Toribulu. Subjek penelitian ini berjumlah 20 siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Toribulu tahun ajaran 2013/2014. Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas daerah layang-layang. Peneliti menerapkan metode pembelajaran penemuan terbimbing yang melalui beberapa langkah, yaitu perumusan masalah, pemrosesan data, penyusunan konjektur, pemeriksaan konjektur, verbalisasi konjektur dan umpan balik. Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan MC. Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, lembar observasi,  catatan lapangan, dan data hasil tes siswa. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk paparan naratif.

Kata kunci: metode pembelajaran penemuan terbimbing,  hasil belajar,  layang-layang

Downloads

Published

2015-03-25

How to Cite

Ulfiana. (2015). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 TORIBULU PADA MATERI KELILING DAN LUAS DAERAH LAYANG-LAYANG . Aksioma, 4(1), 12–23. https://doi.org/10.22487/aksioma.v4i1.46

Issue

Section

Articles