PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI SMP NEGERI 13 PALU

Authors

  • Melyawati

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v3i2.42

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatiftipeThink Pair Share (TPS) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Desain penelitian mengacuh pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi.Fase-fase TPS yaitu (1) penyajian materi, (2) berpikir bersama, (3) transisi ke pasangan / tim, (4) monitoring, (5) berbagi jawaban, (6) evaluasi, (7) penghargaan.Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share hasil belajar siswa meningkat.

Kata Kunci: Model PembelajaranKooperatif Tipe Think Pair Share, Hasil Belajar,Operasi Hitung Bentuk Aljabar.

Downloads

Published

2014-09-25

How to Cite

Melyawati. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI SMP NEGERI 13 PALU. Aksioma, 3(2), 209–219. https://doi.org/10.22487/aksioma.v3i2.42

Issue

Section

Articles