ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 DOLO DALAM MENYELESAIKAN SOAL LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME LIMAS

Authors

  • Sumadiasa

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v3i2.41

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh: (1) deskripsi jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa SMP Negeri 5 Dolo dalam menyelesaikan soal luas permukaan dan volume limas dan (2) deskripsi faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Dolo melakukan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal luas permukaan dan volume limas. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal luas permukaan dan volume limas yaitu kesalahan konseptual dan prosedural. Kesalahan konseptual berupa: (1) siswa menganggap tinggi sisi tegak dan rusuk tegak limas sebagai tinggi limas,  (2) siswa tidak menggunakan simbol-simbol pada gambar untuk menyelesaikan soal, dan (3) siswa melakukan kesalahan operasi hitung penjumlahan. Kesalahan prosedural berupa: (1) siswa tidak menuliskan yang diketahui dan ditanyakan oleh soal, (2) tidak menuliskan rumus volume limas, dan (3) tidak menuliskan satuan luas. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal luas permukaan dan volume limas, yaitu: (1) kurang teliti menyelesaikan soal, (2) kurang terampil menyelesaikan soal, (3) kurang memahami konsep luas permukaan dan volume limas, (4) kurangnya pengetahuan prasyarat, (5) kondisi lingkungan yang rawan konflik, dan (6) media pembelajaran yang kurang mendukung.

Kata kunci : Analisis Kesalahan; Luas Permukaan dan Volume Limas.

Downloads

Published

2014-09-25

How to Cite

I Gede Sumadiasa. (2014). ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 DOLO DALAM MENYELESAIKAN SOAL LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME LIMAS. Aksioma, 3(2), 197–208. https://doi.org/10.22487/aksioma.v3i2.41

Issue

Section

Articles