PENERAPAN TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA SD AL-KHAIRAAT 1 PALU PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN BERBEDA PENYEBUT

Authors

  • Fitriani

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v3i2.40

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan Teori Bruner yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SD Al-Khairaat 1 Palu pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan berbeda penyebut.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas VA SD Al-Khairat 1 Palu terdapat peningkatan yang cukup signifikan dari tes awal ke tindakan siklus I serta ke tindakan siklus II.Setelah diterapkan teori Bruner melalui 3 tahap, yaitu: (1) enaktif, (2) ikonik dan (3) simbolik.

Kata Kunci:  Penerapan teori Bruner; Hasil Belajar, Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Beda Penyebut.

Downloads

Published

2014-09-25

How to Cite

Gani , F. A. . (2014). PENERAPAN TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA SD AL-KHAIRAAT 1 PALU PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN BERBEDA PENYEBUT. Aksioma, 3(2), 185–196. https://doi.org/10.22487/aksioma.v3i2.40

Issue

Section

Articles