PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI LUAS DAERAH SEGITIGA DI KELAS VII MTs NEGERI PALU SELATAN

Authors

  • Nurmadinah

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v3i2.39

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi luas daerah segitiga. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitan mengacu pada desain penelitian Kemmis and Mc Taggart, yakni perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi luas daerah segitiga di Kelas VII MTs Negeri Palu Selatan, dengan mengikuti  fase-fase model pembelajaran kooperatif, yaitu: 1) menyampaikan  tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, 2) penyajian informasi, 3) pengorganisasian kelompok, 4)  membimbing kelompok belajar dan bekerja, 5) evaluasi, dan 6) pemberian penghargaan.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif; Pemahaman; dan Luas daerah segitiga

Downloads

Published

2014-09-25

How to Cite

Putri Nurmadinah. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI LUAS DAERAH SEGITIGA DI KELAS VII MTs NEGERI PALU SELATAN. Aksioma, 3(2), 170–184. https://doi.org/10.22487/aksioma.v3i2.39

Issue

Section

Articles