PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI LUAS DAERAH SEGITIGA DI KELAS VII MTs NEGERI PALU SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.22487/aksioma.v3i2.39Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi luas daerah segitiga. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitan mengacu pada desain penelitian Kemmis and Mc Taggart, yakni perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi luas daerah segitiga di Kelas VII MTs Negeri Palu Selatan, dengan mengikuti fase-fase model pembelajaran kooperatif, yaitu: 1) menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, 2) penyajian informasi, 3) pengorganisasian kelompok, 4) membimbing kelompok belajar dan bekerja, 5) evaluasi, dan 6) pemberian penghargaan.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif; Pemahaman; dan Luas daerah segitiga