IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP SOAL CERITA TENTANG HIMPUNAN

Authors

  • Subryanto

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v3i2.33

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang implementasi pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa terhadap soal cerita tentang himpunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan (PMR) yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi soal cerita tentang himpunan adalah dengan mengikuti langkah-langkah pendekatan PMR yaitu: (1) memahami masalah kontekstual, (2) menyelesaikan masalah, (3) mem­bandingkan dan mendiskusikan jawaban, dan (4) menarik kesimpulan.

Kata kunci: Pembelajaran Matematika Realistik; Pemahaman; Soal Cerita; Himpunan

Downloads

Published

2014-09-25

How to Cite

Muhammad Subryanto. (2014). IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP SOAL CERITA TENTANG HIMPUNAN. Aksioma, 3(2), 121–131. https://doi.org/10.22487/aksioma.v3i2.33

Issue

Section

Articles