PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VII SMPN 9 PALU
DOI:
https://doi.org/10.22487/aksioma.v3i2.29Abstract
Abstrak: Masalah pada penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan linear satu variabel. Hal ini disebabkan antara lain siswa kurang terlibat aktif baik untuk menanyakan hal-hal yang belum dimengerti ataupun menjawab pertanyaan dari guru, kebanyakkan siswa segan atau malu-malu bertanya pada guru, mereka cenderung lebih senang bertanya pada temannya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA SMPN 9 Palu pada pertidaksamaan linear satu variabel. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam proses pembelajaran. Adapun fase-fase pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, yaitu (1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, (2) menyajikan informasi, (3) penomoran, (4) mengajukan pertanyaan/permasalahan, (5) berpikir bersama, (6) menjawab (evaluasi), dan (7) memberikan penghargaan.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together; Hasil Belajar; Pertidaksamaan Linear Satu Variabel.