VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN KONSEP INTEGRAL BERBASIS SPACE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Authors

  • Khairudin Universitas Bung Hatta
  • Karmila Suryani Pendidikan Matematika/FKIP-Universitas Bung Hatta, Padang-Indonesia
  • Puspa Amelia Pendidikan Matematika/FKIP-Universitas Bung Hatta, Padang-Indonesia
  • Rita Desfitri Pendidikan Matematika/FKIP-Universitas Bung Hatta, Padang-Indonesia
  • Niniwati Pendidikan Matematika/FKIP-Universitas Bung Hatta, Padang-Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v11i2.2454

Keywords:

Validasi perangkat, SPACE, Aitken-V

Abstract

kemampuan problem solving masih rendah, khususnya pada mata kuliah Kalkulus Integral maka dibutuhkan perangkat pembelajaran yang mampu mengaktifkan mahasiswa untuk bertanya dan menyelesaikan masalah dengan baik. Tujuan riset ini adalah menganalisis validitas ahli perangkat pembelajaran konsep Integral berbasis SPACE (Simulation, Posing, Action, Communication, Evaluation) yang dapat meningkatkan kemampuan Problem Solving pada mata kuliah Kalkulus Integral. Metoda riset adalah metoda deskriptif kualitatif dengan menggunakan Aitken-V untuk memvalidasi perangkat oleh expert. Hasil penelitian pendahuluan terhadap perangkat peembelajaran menyatakan bahwa dibutuhkan perangkat pembelajaran yang dapat membuat mahasiswa aktif untuk melakukan simulasi komputer, aktif bertanya serta membuat dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Hasil penelitian berdasarkan hasil validasi ahli, diperoleh perangkat pembelajaran konsep Integral berbasis SPACE memiliki kriteria sangat valit. Hal ini dapat dilihat dari kriteria validitas nilai V-Aitken berada di atas nilai 0,4. Kesimpulannya  adalah setiap aspek dalam perangkat pembelajaran berada dalam kriteria yang valid, sehingga semua perangkat tersebut dapat digunakan untuk pembelajaran Kalkulus Integral.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Khairudin, Karmila Suryani, Puspa Amelia, Rita Desfitri, & Niniwati. (2022). VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN KONSEP INTEGRAL BERBASIS SPACE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Aksioma, 11(2), 164–171. https://doi.org/10.22487/aksioma.v11i2.2454

Issue

Section

Articles