PENGEMBANGAN INSTRUMENT TES LITERASI SAINS PADA TEMA YUK MAKAN TALAS BENENG UNTUK CALON GURU IPA

Authors

  • annisa novianti taufik Universitas sultan aging tirtayasa
  • Liska Berlian PUI-PT Inovasi Pangan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ashri Fathia PUI-PT Inovasi Pangan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Eiftien Yuliar Rasyidin PUI-PT Inovasi Pangan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v11i2.2452

Keywords:

Instrument tes; Kemampuan literasi sains; Validitas empiris

Abstract

Keterampilan literasi sains penting untuk dimiliki mahasiswa untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengambil keputusan guna menyelesaikan persoalan yang terjadi di lingkungan sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan instrument literasi sains sehingga mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan sains yang dimiliki pada permasalahan yang terjadi dalam kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument literasi sains pada tema yuk makan talas beneng dengan melihat tingkat validitas, tingkat kesukaran soal, reliabilitas serta daya pembeda butir soal. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Reseacrh & Development). Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa IPA angkatan 2020 yang mengampu mata kuliah IPA 1 dengan jumlah 10 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data bahwa tingkat reliabilitas soal tinggi dengan koefisien 0,77, terdapat 7 butir soal dinyatakan valid sementara 3 lainnya direvisi  dan terdapat 50% soal dengan kriteria tingkat kesukaran sedang dan 70% soal dengan daya pembeda baik. Dengan demikian instrument tes yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan literasi sains mahasiswa IPA.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

taufik, annisa novianti, Liska Berlian, Ashri Fathia, & Eiftien Yuliar Rasyidin. (2022). PENGEMBANGAN INSTRUMENT TES LITERASI SAINS PADA TEMA YUK MAKAN TALAS BENENG UNTUK CALON GURU IPA . Aksioma, 11(2), 141–150. https://doi.org/10.22487/aksioma.v11i2.2452

Issue

Section

Articles