IDENTIFIKASI KESULITAN GURU MATEMATIKA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013

Authors

  • Akhmad Faisal Hidayat Universitas Batanghari Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v9i1.217

Abstract

Abstrak: Perubahan kurikulum adalah suatu keniscayaan dalam rangka menyempurnakan kualitas dan mutu pendidikan. Konsekuensi dari suatu perubahan kurikulum ialah adanya perubahan prinsip yang diimplementasikan dalam pembelajaran. Perubahan prinsip dalam pembelajaran kurikulum 2013 berdampak pada perubahan tugas pokok serta kompetensi pedagogik dan profesional yang harus dikuasai oleh guru. Beberapa perubahan yang signifikan berpotensi menimbulkan kesulitan dalam penerapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kesulitan-kesulitan yang dialami guru matematika sekolah menengah pertama di kota Jambi, khususnya yang berkaitan dengan tugas pokok guru, meliputi proses merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas 17 orang guru matematika SMP yang dipilih menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kesulitan guru matematika dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 yang berkaitan dengan tugas pokok guru, yaitu: (1) Tahap  merencanakan pembelajaran, guru matematika kesulitan dalam merancang pembelajaran yang bervariasi, membuat keterkaitan tujuan pembelajaran dengan proses belajar peserta didik, menyusun silabus, merancang RPP yang sesuai dengan silabus serta merancang pembelajaran yang dapat memunculkan daya kreativitas dan kemampuan berfikir kritis peserta didik; (2) Tahap melaksanakan pembelajaran, guru matematika kesulitan dalam melakukan pembelajaran dan menggunakan teknik mengajar yang bervariasi, melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan RPP, prinsip kurikulum serta terkait dengan konteks kehidupan sehari-hari, melakukan aktivitas pembelajaran yang menyenangkan, memberikan informasi baru sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik, serta memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya dan mempraktekkan serta berinteraksi dengan peserta didik lainnya; (3) Tahap mengevaluasi pembelajaran, guru matematika kesulitan dalam menyusun alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran serta melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik dan jenis penilaian. Selain itu, secara umum guru matematika juga mengalami kesulitan dalam menerapkan pembelajaran berbasis proyek.

 

Kata Kunci: Kesulitan, Implementasi, Kurikulum 2013

Downloads

Published

2020-03-25

How to Cite

Hidayat, A. F. (2020). IDENTIFIKASI KESULITAN GURU MATEMATIKA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013. Aksioma, 9(1), 42–50. https://doi.org/10.22487/aksioma.v9i1.217

Issue

Section

Articles