ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MATA KULIAH ANALISIS RIIL DENGAN SISTEM HIBRID

Authors

  • NI MADE INTAN KERTIYANI University of Mataram
  • Ketut Sarjana

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v11i2.2152

Keywords:

analisis riil, semester antara, kesulitan belajar, pembelajaran hibrid

Abstract

Semester antara merupakan semester yang diselenggarakan antara semester regular genap dan ganjil dengan tujuan untuk memfasilitasi mahasiswa melakukan perbaikan nilai pada mata kuliah semester regular. Semester antara memiliki keunikan karena dilakukan dalam waktu yang relatif pendek. Data awal menunjukkan terdapat 14 mahasiswa yang mengikuti semester antara pada mata kuliah Analisis Riil dengan sistem hibrid. Mengingat mahasiswa yang mengambil kuliah pada semester ini memperoleh nilai yang rendah pada mata kuliah regular, maka penelitian ini berfokus untuk menganalisis kesulitan mahasiswa dalam mata kuliah analisis riil dengan sistem hibrid. Subjek penelitian terdiri dari 14 mahasiswa yang mengambil kuliah semester antara Analisis Riil. Data diambil menggunakan tes soal Analisis Riil dan wawancara. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman dengan sintaks mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada empat jenis kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam mata kuliah analisis riil dengan sistem hibrid, yaitu 1) melakukan operasi aljabar, 2) memahami maksud soal, 3) menentukan dan menuliskan strategi penyelesaian, dan 4) memahami konsep. Adapun mahasiswa menilai positif sistem pembelajaran hibrid, tetapi perlu diitambahkan pembelajaran berkelompok agar dapat mengakomodasi mahasiswa yang memiliki kesulitan belajar mandiri

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

NI MADE INTAN KERTIYANI, & Ketut Sarjana. (2022). ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MATA KULIAH ANALISIS RIIL DENGAN SISTEM HIBRID. Aksioma, 11(2), 117–122. https://doi.org/10.22487/aksioma.v11i2.2152

Issue

Section

Articles