PENDIDIKAN MATEMATIKA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Authors

  • Muhammad Darwis M Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v9i1.214

Abstract

Abstrak. Saat ini kita berada pada era Revolusi Industri 4.0. Sebagaimana diketahui bahwa tiap era Revolusi Industri memiliki peluang dan ancaman, maka era Revolusi Industri 4.0 ini pun demikian. Era Revolusi Industri 4.0 disebut juga era globalisasi. Bagi Indonesia khususnya, masyarakat harus mampu membaca dan responsif terhadap perubahan dan membekali diri dengan keterampilan terkini agar bisa bersaing. Di era ini, realitas menunjukkan bahwa teknologi dan pembelajaran matematika memiliki kaitan erat. Pemanfaatan teknologi dengan baik dalam pembelajaran akan memberi penguatan terhadap pola perubahan paradigma pembelajaran. Sifat abstrak objek  kajian matematika yang sulit dipikirkan oleh peserta didik dapat dipresentasikan melalui simulasi komputer agar lebih konkrit. Latihan dan percobaan eksploratif matematika dapat dilakukan peserta didik dengan menggunakan program komputer atau software matematika untuk penanaman dan penguatan konsep, membuat pemodelan matematika, dan menyusun strategi dalam memecahkan masalah. Oleh karena itu, guru matematika dituntut agar seirama dengan perkembangan di era ini.

 

Kata kunci: Pendidikan . Matematika . Revolusi Industri 4.0

Downloads

Published

2019-03-25

How to Cite

Darwis M, M. (2019). PENDIDIKAN MATEMATIKA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Aksioma, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.22487/aksioma.v9i1.214

Issue

Section

Articles