HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALU

Authors

  • Fitrianti Fitrianti
  • Bakri Universitas Tadulako
  • Linawati Linawati Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v8i1.199

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palu yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik random sampling, jumlah siswa yang menjadi sampel sebanyak 44 orang. Pengumpulan data menggunakan dua instrumen yaitu, kuisioner kecerdasan emosional dan dokumentasi prestasi belajar dari nilai rapor. Hasil analisis data dengan menggunakan uji korelasi product moment diperoleh nilai korelasi r = 0,417. Nilai rtabel = 0,297 untuk N = 44 dengan taraf signifikansi 5%. Nilai rhitung (0,417) > rtabel (0,297) maka diputuskan menerima hipotesis alternatif (H1) dan menolak hipotesis awal (H0). Artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palu.

Kata kunci: Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar Matematika

The purpose of this study was to determine the relationship between emotional intelligence with mathematics learning achievement of VIII grade students at SMP Negeri 8 Palu. The population of this study is all students of VIII grade at SMP Negeri 8 Palu consisting of 5 classes. The sample was obtained by using random sampling technique. The total number of the sample was 44 students. The data collection used two instruments, namely, emotional intelligence questionnaire and documentation of learning achievement from the report card. The results of data analysis using product moment correlation test obtained correlation value r = 0.417. Value of rtable = 0,297 for N = 44 with significance level 5%. The value of rcount (0.417)> rtable (0.297) then decided to accept the alternative hypothesis (H1) and reject the initial hypothesis (H0). This means there is a positive and significant relationship between emotional intelligence and mathematics learning achievement of VIII grade students at SMP Negeri 8 Palu.

Keywords: Emotional Intelligence and Mathematics Learning Achievement

Downloads

Published

2019-03-24

How to Cite

Fitrianti, F., Mallo, B. ., & Linawati, L. (2019). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALU. Aksioma, 8(1), 13–18. https://doi.org/10.22487/aksioma.v8i1.199

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)