PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DENGAN TEKNIK KUNJUNGAN KELAS

Authors

  • Darwin Siregar

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v8i1.198

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran matematika melalui supervisi akademik dengan teknik kunjungan kelas di SD Negeri 114361 Binanga Dua Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah 6 guru di SD Negeri 114361 Binanga Dua yang  terdiri dari guru kelas I sampai dengan kelas VI. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Peningkatan aspek perencanaan pembelajaran meningkat dari 50,91 pada kondisi awal menjadi 68,48 pada siklus pertama dan 85,76 pada siklus kedua, sehingga disimpulkan bahwa pada siklus kedua dinyatakan berhasil karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan yaitu masuk dalam kriteria nilai minimal baik, sedangkan peningkatan kemampuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran, yaitu dari 50,58 pada kondisi awal menjadi 69,83 pada siklus pertama dan 86,67 pada siklus kedua, sehingga disimpulkan bahwa pada siklus kedua dinyatakan berhasil karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan yaitu masuk dalam kriteria nilai minimal baik. Maka dapat ditarik  kesimpulan bahwa pelaksanaan supervisi akademik dengan teknik kunjungan kelas terbukti dapat meningkatan kemampuan guru dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran matematika guru-guru SD Negeri 114361 Binanga Dua Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kata kunci: perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, kunjungan kelas

Abstract: This study aims to improve the ability of teachers in planning and implementing mathematics learning through academic supervision with class visit techniques in Public Elementary Schools 114361 Binanga Dua Semester II Academic Year 2018/2019. The action research subjects of this school are 6 teachers in Public Elementary School 114361 Binanga Dua consisting of class I to class VI teachers. Data collection is done by observation and documentation. The data analysis used in this study is descriptive statistics. Increased aspects of learning planning increased from 50.91 in the initial conditions to 68.48 in the first cycle and 85.76 in the second cycle, so it was concluded that in the second cycle it was declared successful because it had met the criteria of success, which was included in the criteria of minimum value, while increasing ability in the implementation of the learning process, namely from 50.58 in the initial conditions to 69.83 in the first cycle and 86.67 in the second cycle, so it was concluded that in the second cycle it was declared successful because it had met the criteria of success, which was included in the criteria of minimum value. Then it can be concluded that the implementation of academic supervision with class visit techniques is proven to be able to improve the ability of teachers in planning and implementing mathematics learning teachers of Public Elementary Schools 114361 Binanga Dua Semester II Academic Year 2018/2019.

Keyword: planning, implementing learning, class visits

Downloads

Published

2019-03-24

How to Cite

Siregar, D. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DENGAN TEKNIK KUNJUNGAN KELAS. Aksioma, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.22487/aksioma.v8i1.198

Issue

Section

Articles