PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LORE TENGAH

Authors

  • Tirta Andriani Ndawu
  • Bakri Universitas Tadulako
  • Sutji Rochamina Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v7i2.197

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS)  untuk meningkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Negeri 2 Lore Tengah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu  pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini sebanyak 32 siswa dan dipilih tiga orang siswa sebagai informan.  Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lore Tengah  pada materi SPLDV, dengan 6 fase pada TSTS: 1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, 2) menyajikan informasi berupa metode grafik, eliminasi dan substitusi dalam menyelesaikan SPLDV, siklus II menjelaskan metode campuran eliminasi dan substitusi, 3) Mengorganisasikan siswa kedalam kelompok kecil beranggotakan 4 siswa yang kemampuannya heterogen, dan membagikan LKS kepada setiap kelompok 4) Membimbing kelompok belajar, kemudian dua dari empat anggota dari masing-masing kelompok meninggalkan kelompoknya dan bertamu ke kelompok yang lain, sementara dua anggota yang tinggal dalam kelompok bertugas menyampaikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu. Kemudian tamu mohon diri dan kembali ke kelompok masing-masing dan melaporkan temuannya serta mencocokkan dengan hasil kerja mereka 5) Evaluasi pada fase ini 4 kelompok mempresentasikan hasil yang diperoleh dan kelompok lain menanggapi, 6) Pemberian penghargaan.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe TSTS; hasil belajar; sistem persamaan linear dua variabel.

Abstract: This research aimed to describe of the application cooperative learning model type Two Stay Two Stray (TSTS) to improve student learning outcomes in solving system problem of two linear equations in class VIII SMP Negeri 2 Lore Tengah. This research was a classroom action research (PTK) which referred to Kemmis and Mc.Taggart research design that were (1)  planning, (2)  implementation of the action  (3)  observiation  and  (4) reflecting. The subjects of this study were 32 students and selected three students as informants. This study was conducted in two cycles. The results showed that by applying cooperative learning model of TSTS type can improve student learning result of VIII class of SMP Negeri 2 Lore Tengah on SPLDV material, with 6 phases at TSTS: 1) convey the purpose and motivate students, 2) present information in the form of graphic method, elimination and substitution in completing the SPLDV, cycle II describes a mixed elimination and substitution method, 3) Organizing students into small groups of 4 students with heterogeneous ability, and distributing LKS to each group 4) Guiding the study group, then two of the four members of each the group leaves the group and visits the other group, while the two members who live in the group are assigned to deliver their work and information to the guests. Then the guests excuse themselves and return to their respective groups and report their findings and match them with their work 5) Evaluation in this phase 4 groups present the results obtained and other groups respond, 6) Award presentation

 

Keywords: cooperative learning model TSTS, learning outcomes, system of two linear equations.

Downloads

Published

2018-09-25

How to Cite

Tirta Andriani Ndawu, Bakri, & Sutji Rochamina. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LORE TENGAH. Aksioma, 7(2), 230–241. https://doi.org/10.22487/aksioma.v7i2.197

Issue

Section

Articles