Analisis Penalaran Siswa dalam Melakukan Pengerjaan Operasi Aritmatika Pecahan di Kelas IVA SD Negeri 22 Palu

Authors

  • Nurfadila
  • Usman H.B Universitas Tadulako
  • Friska Nur
  • Pertiwi

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v7i1.176

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses bernalar yang dilakukan siswa kelas IVA SD Negeri 22 Palu dalam menyelesaikan operasi aritmatika pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas IVA SD Negeri 22 Palu yang berjumlah 28 orang.  Hasil penelitian menunjukkan pada soal nomor 1 siswa berpikir dalam menentukan pecahan senilai dari  yaitu dengan menjumlahkan dua bilangan pecahan sehingga menghasilkan pecahan  . Untuk soal nomor 2a, siswa menjumlahkan semua elemen bilangan bulat pada 2 pecahan yang ingin dijumlahkan. Untuk soal nomor 2b, siswa mengalikan semua elemen bilangan bulat pada 2 pecahan yang ingin dikalikan. Untuk soal nomor 2c, siswa membagi pembilang dengan pembilang dan membagi penyebut dengan penyebut.

 

Kata kunci: Operasi Aritmatika Pecahan, Pecahan,  Penalaran.

Downloads

Published

2018-03-21

How to Cite

Nurfadila, Usman H.B, Friska Nur, & Pertiwi. (2018). Analisis Penalaran Siswa dalam Melakukan Pengerjaan Operasi Aritmatika Pecahan di Kelas IVA SD Negeri 22 Palu. Aksioma, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.22487/aksioma.v7i1.176

Issue

Section

Articles