Analisis Penalaran Siswa dalam Melakukan Pengerjaan Operasi Aritmatika Pecahan di Kelas IVA SD Negeri 22 Palu
DOI:
https://doi.org/10.22487/aksioma.v7i1.176Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses bernalar yang dilakukan siswa kelas IVA SD Negeri 22 Palu dalam menyelesaikan operasi aritmatika pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas IVA SD Negeri 22 Palu yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan pada soal nomor 1 siswa berpikir dalam menentukan pecahan senilai dari yaitu dengan menjumlahkan dua bilangan pecahan sehingga menghasilkan pecahan . Untuk soal nomor 2a, siswa menjumlahkan semua elemen bilangan bulat pada 2 pecahan yang ingin dijumlahkan. Untuk soal nomor 2b, siswa mengalikan semua elemen bilangan bulat pada 2 pecahan yang ingin dikalikan. Untuk soal nomor 2c, siswa membagi pembilang dengan pembilang dan membagi penyebut dengan penyebut.
Kata kunci: Operasi Aritmatika Pecahan, Pecahan, Penalaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Nurfadila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.