PENERAPAN PEMBELAJARAN PEMODELAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK SISWA KELAS VIII SMP

Authors

  • Febi Renico Selvia Universitas Sriwijaya
  • Darmawijoyo Universitas Sriwajaya
  • Muhammad Yusuf Universitas Sriwajaya

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v3i1.15

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa selama pembelajaran pemodelan matematika menggunakan pendekatan konstruktivisme dan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa setelah mengikuti pembela­jar­an pemodelan matematika menggunakan pendekatan konstrukti­visme di kelas VIII SMP. Subjek penelitian ini adalah  siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 5 Palembang tahun pelajaran 2013/2014  yang berjumlah 36 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, video rekaman, dan wawancara. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan pemodelan matematika menggunakan  pendekatan konstruktivisme berkategori baik dengan rata-rata sebesar 71,30 dan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diperoleh sebesar 74,54 juga berkategori baik.

Kata-kata kunci:  pemodelan matematika, konstruktivisme

Downloads

Published

2014-03-25

How to Cite

Selvia, F. R. ., Darmawijoyo, & Yusuf, M. (2014). PENERAPAN PEMBELAJARAN PEMODELAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK SISWA KELAS VIII SMP. Aksioma, 3(1), 66–74. https://doi.org/10.22487/aksioma.v3i1.15

Issue

Section

Articles