PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP ADVENT PALU PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME KUBUS DAN BALOK

Authors

  • Putu Dyantari
  • Sutji Rochaminah Universitas Tadulako
  • Sukayasa Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/aksioma.v6i1.143

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok di kelas VIII SMP Advent Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu: perencanaan,  pelaksanaan  tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok  mengikuti fase-fase, yaitu: 1) penyampaian tujuan dan pemotivasian siswa, 2) penyajiaan informasi, 3) pengorganisasian siswa dalam kelompok–kelompok belajar, 4) penomoran, 5) pemberian pertanyaan, 6) berpikir bersama, 7) pemberian jawaban dan 8) pemberikaan penghargaan.

Kata kunci: Numbered heads together, hasil belajar, luas permukaan dan volume kubus dan balok.

Absract: This research aim to obtain a description about applying the Numbered Heads Together (NHT) type of coperative learning model able to improving learning achievement of surface area and also volume of cube and beams in class VIII SMP Advent Palu. The research type at this research is a classroom action research. As the research design refered to the design of the research of Kemmis and Mc. Taggart that is planning, action, observation and  reflection. The Result of research indicate that applying Model of Cooperative Learning of NHT able to improve result learn student at items surface area and also volume of cube and beams, is to: 1) conveying the learning objective and motivating, 2) presenting information, 3) organizing study group, 4) numbering, 5) questioning, 6) heads together, 7) answering and 8) giving appreciation.

Keywords: Numbered heads together, learning  outcomes, surface area and volume of cube and beams.

Downloads

Published

2017-03-20

How to Cite

Putu Dyantari, Sutji Rochaminah, & Sukayasa. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP ADVENT PALU PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME KUBUS DAN BALOK. Aksioma, 6(1), 73–85. https://doi.org/10.22487/aksioma.v6i1.143

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)